Berita Tanahbumbu

Dari Januari Sampai November 2019, Tanahbumbu Temukan 43 Kasus HIV/AIDS

Pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS terus digencarkan melalui seminar yang digagas Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tanahbumbu

Dari Januari Sampai November 2019, Tanahbumbu Temukan 43 Kasus HIV/AIDS
diskominfo tanahbumbu
Komisi Penanggulangan Aids Tanahbumbu melaksanakan seminar terkait HIV_AIDS, kemarin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS terus digencarkan melalui seminar yang digagas Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tanahbumbu, Kamis (28/11/2019 kemarin.

Seminar yang diikuti ratusan peserta yang diselenggarakan di Gedung Mahligai Bersujud perlu dilakukan karena sangat penting dan strategis sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan penularan HIV/AIDS.

Hal itu disampaikan Bupati Tanahbumbu H Sudian Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, H Muhammad Thaha, sekaligus membuka acara seminar.

Ia mengungkapkan, berdasarkan catatan di tahun 2019 dari Januari hingga Nopember, ditemukan 43 kasus HIV/AIDS.

Dengan rincian HIV sebanyak 27 kasus dan AIDS sebanyak 16 kasus yang tersebar di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Tanahbumbu.

Surat Wasiat Ashanty Sebelum Meninggal Dunia Diungkap Istri Anang, Ibu Aurel Hermansyah Bagi Harta?

Viral Foto bak Tanpa Celana, Gisella Anastasia Lakukan Ini ke IG Jedar, Eks Gading Marten Begini

Tudingan Selingkuh dengan Marshanda, Ternyata Suami Karen Idol, Arya Satria Claproth Pengusaha Tajir

Ditegaskan dia, permasalahan ini bukan hanya menjadi perhatian KPA Kabupaten Tanahbumbu, tapi menjadi perhatian semua pihak.

"Kami mengharapkan peserta seminar untuk menjadi pioner atau motor penggerak di lingkungan masyarakat, upaya penanggulangan dan pencegahan penularan HIV di daerah ini," pesannya.

Sekertaris KPA Tanahnumbu H Ardiansyah mengatakan, dalam mengambil langkah pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak, dengan melakukan screening di segala lini.

Menurut dia, salah-satu langkah dilakukan menekan jumlah kasus melalui screening, khususnya bagi pendatang baru yang ingin mendapatkan identitas.

"Screening bekerjasama dengan Disdukcapil Tanahbumbu. Selain kedepan kami juga bekerjasama dengan kepolisian dalam hal syarat pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan menyertakan keterangan sehat atau rekomendasi bebas HIV/AIDS," katanya.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved