Berita Tapin

Jelang Terima Dukungan Cagub Perseorangan, KPU Kalsel Perkuat Integritas Jajaran

Tahapan penyelengaraan Pemilihan Kepala Daerah kalsel masih sebatas penguatan kelembagaan dan rapat bimbingan teknis bagi penyelenggara

Jelang Terima Dukungan Cagub Perseorangan, KPU Kalsel Perkuat Integritas Jajaran
istimewa/Humas Pemkab Tapin
Sarmuji, Ketua KPU Kalsel adalah putra Tapin saat sumbang saran pada Dialog Pembangunan Kabupaten Tapin di Pendopo Rantau Baru, Jumat (29/11/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Tahapan penyelengaraan Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Kalimantan Selatan, masih sebatas penguatan kelembagaan dan rapat bimbingan teknis bagi penyelenggara.

Itu dikatakan Sarmuji, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) setelah  menghadiri Dialog Pembangunan Kabupaten Tapin di Pendopo Kawasan Rantau Baru, Jumat (29/11/2019).

Menurut Sarmuji, saat ini jajaran KPU Kalsel dan daerah di 13 Kabupaten/Kota sedang melaksanakan bimbingan teknis dan sosialiasi dukungan calon gubernur Kalsel jalur perseorangan.

Sebab, pada Februari 2020 ini, KPU Kalsel sudah membuka penyerahan dukungan bagi Calon Gubernur (Cagub) Kalsel jalur perseorangan.

Puting beliung Juga Terjang Desa Tungkaran, Sejumlah Rumah Hancur

11 Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan, Cegah Cacat Janin Hingga Kurangi Risiko Stroke

CEK FAKTA: Teror Bra Ternyata Hoax, Warga Mustika Graha Asri Banjarbaru Diminta Tidak Perlu Resah

Jelang Nikahi Citra Kirana, Ada Ciuman Rezky Aditya di Video Febby Rastanty, Nasib Verrell Bramasta?

Bagi cagub Kalsel 2020 yang melalui jalur perorangan syarat minimal mengumpulkan 243.880 dukungan KTP elektronik.

Sementara, pendaftaran calon dari partai politik, Sarmuji mengaku akan dibuka pada 6-8 Juni 2020 nanti. Itupun syarat dukungan minimal 11 kursi atau 20 persen perolehan kursi di DPRD Provinsi Kalsel.

Sarmuji tak membenarkan, cagub Kalsel perseorangan yang sedang bergerak adalah Denny Indrayana.

Mantan wamenkumham era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, baliho besarnya sudah terpasang di Kabupaten Banjar, Kabupaten HST dan Kota Banjarmasin.

Kemudian, cagub Kalsel jalur partai politik, diakui Sarmuji, adalah Sahbirin Noor.

Gubernur Kalsel petahana ini adalah Ketua DPD Partai Golkar Kalsel, memenuhi syarat mencalonkan meskipun tak berkoalisi karena meraih 12 kursi di DPRD Kalsel.

Sarmuji berpesan agar penyelenggaran Pilkada 2020 di daerah solid menjaga integritas lembaga dan menjaga situasi daerah tetap aman dan kondusif hingga terpilih pemimpin daerah di Kalsel dan Bupati dan Walikota pada 2020 nanti.

Pilkada 2015 lalu, tiga pasangan calon bersaing merebut simpati pemilih dan hanya Provinsi Kalimantan Selatan, dari tiga pasangan calon, satu pasangan dari jalur perseorangan.

Amarah Maia Estianty Karena Foto Irwan Mussry, Vicky Shu Sampai Minta Ampun ke Eks Duet Mulan

Diterjang Puting Beliung, Rumah Warga Keramat Baru Ini Tersisa Dinding Depan dan Dapur

Gara-gara 189 Butir Ineks Alien, Tukang Parkir Asal Landasan Ulin Utara Ini Masuk Sel Lagi

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Tapin, Hj Henny Hendriyanti mengatakan pihaknya saat ini banyak melaksanakan rapat bimbingan teknis dengan KPU Kalsel untuk tahapan verifikasi faktual dukungan terhadap calon Gubernur Kalsel melalui jalur perseorangan.

"Kami memang belum membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan. Kalau rekan Bawaslu Kabupaten Tapin sedang membentuk Panwascam karena memang mereka sudah harus siap melakukan pengawasan," katanya.
(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved