KalselPedia

KalselPedia: Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Kabupaten Batola

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) adalah penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya

KalselPedia: Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Kabupaten Batola
banjarmasin post group/ edi nugroho
KANTOR kecamatan Alalak, Kabupaten Batola yang baru di Jalan Brijend Hasan Basri, Marabahan, Batola. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KalselPedia - Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) adalah penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya, mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat melalui satu loket pelayanan.

Warga cukup menyerahkan berkas ke petugas meja/loket pelayanan, duduk menunggu sejenak, kemudian dipanggil untuk menerima dokumen yang sudah selesai.

Setelah itu melakukan pembayaran (bila ada tarif yang harus dibayar).

Pembayaran biaya pelayanan pun dilakukan dan dicatat secara transparan, karena semua tercatat dan dilaporkan.

KalselPedia : Profil SD Negeri Rantau Kanan 1

KalselPedia: Profil Sanggar Tari Permata Ije Jela Marabahan

KalselPedia: Museum-museum yang Ada di Kota Banjarmasin

Selain itu, persyaratan untuk memperoleh pelayanan, besarnya biaya dan waktu untuk memproses pun ada standarnya.

PATEN diselenggarakan dengan maksud untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat, secara kondisi geografis daerah akan lebih efektif dan efisien di layani melalui kecamatan.

Untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan tersebut, maka syarat yang harus dipenuhi adalah adanya pelimpahan sebagian wewenang dari bupati kepada camat.

Dengan demikian, pelayanan yang dilakukan oleh kecamatan menjadi lebih berkualitas, mudah, murah, cepat, dan transparan.

Di Kabupaten Batola, sejumlah kecamatan sudah melaksanakan PATEN.

Diantaranya, kantor kecamatan Alalak, Kabupaten Batola, yang baru di Jalan Brijend Hasan Basri menerapkan pelayanan adminitrasi terpadu dan jenis pelayananya sama seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Batola.

Loket Paten setiap hari melayani masyarakat seperti pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hingga surat rekomendasi surat keterangan camat.

PATEN lain juga dilaksanakan di Kecamatan Bakumpai.

Paten di Kecamatan Bakumpai ini sebagai bentuk inovasi pelayanan bagi publik yang selama ini gencar disosialisasikan Pemkab Batola selama ini.

Dilimpahkannya kewenangan penyelenggaraan pelayanan perizinan kepada aparatur kecamatan ini bertujuan untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang memerlukan legalitas usaha, khususnya izin usaha makro dan kecil serta mendirikan bangunan, sehingga diharapkan adanya kepastian dan perlindungan hukum.

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved