Public Services

Bisakah Dapat Tanda Kehormatan Satyalancana ke 30 Tahun?

Kepada Yth, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel. Saya pensiunan guru SMA Negeri, pada 2016 tadi masa kerja 33 tahun

Bisakah Dapat Tanda Kehormatan Satyalancana ke 30 Tahun?
istimewa/humpro kalsel
Presiden RI, Joko Widodo menyematkan Satyalancana Pembangunan kepada Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor pada Peringatan Ke-71 Hari Koperasi Tahun 2018 di Tangerang, Kamis (12/07/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepada Yth, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel. Saya pensiunan guru SMA Negeri, pada 2016 tadi masa kerja 33 tahun. Saya sudah mempunyai Tanda Kehormatan Satyalancana Karya 10 dan 20 Tahun dari Presiden RI. Bisa kah saya mengusulkan Tanda Kehormatan Satyalancana ke 30 Tahun? Kalau bisa mohon pentunjuk dan syarat pengajuannya. Terima kasih. 087819993348

Jawab
Terima kasih atas pertanyaan Saudara. Satya Lencana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Pencapaian Saudara dengan memiliki Tanda Kehormatan Satya Lencana sebanyak 2 (dua) kali merupakan kebanggaan bagi kami Pemerintah Daerah dan merupakan aset kami sebagai referensi keberhasilan Pemerintah Daerah mengantarkan Saudara memperoleh penghargaan tersebut.

Perlu Saudara ketahui bahwa status PNS Saudara saat itu masih di bawah kewenangan Pemerintah Kabupaten (BKD Kabupaten). Tahun 2016 masih dilakukan proses verifikasi data terkait perpindahan kewenangan Pemerintah Kabupaten (seluruh satuan pendidikan SMA dan SMK) ke Pemerintah Provinsi. Pada 2017 baru selesai dan baru dilakukan proses penyerahan kewenangan. Disini bisa dipahami, pengusulan Satya Lencana Pendidikan untuk Saudara merupakan tanggung jawab Dinas Pendidikan Kabupaten/ BKD Kabupaten.

Banjarmasin Post edisi Sabtu (30/11/2019).
Banjarmasin Post edisi Sabtu (30/11/2019). (Dok Banjarmasinpost.co.id)

Untuk usul Satya Lencana Karya Satya (Satya Lencana Pendidikan) yang bersangkutan harus masih aktif sebagai PNS. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2010 tentang Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Hal ini diperkuat lagi dalam Rencana Kinerja BKD Provinsi Kalimantan Selatan halaman 15 dinyatakan bahwa Penganugerahan Satya Lencana Karya Satya (SLKS) bagi PNSD merupakan kegiatan penganugerahan tanda pengabdian SLKS bagi PNS yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun. Demikian jawaban kami.

Yusuf Effendi, Kadisdikbud Kalsel

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved