Berita Banjarbaru

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Banjarbaru, Senam Bersama hingga Cek Kesehatan

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tingkat Kota Banjarbaru 2019 digelar di Halaman Stadion

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Banjarbaru, Senam Bersama hingga Cek Kesehatan
Humas Pemko Banjarbaru
Senam pada kegiatan Germas di Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tingkat Kota Banjarbaru 2019 digelar di Halaman Stadion Gawi Sabarataan, Kelurahan Loktabat Selatan Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, Sabtu, (30/11).

Berbagai kegiatan Germas dilakukan, mulai dari peningkatan aktivitas fisik dengan senam bersama, penyediaan pangan sehat dan percepatan gizi, peningkatan edukasi sehat, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit.

Ada juga pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM), tes HIV, peningkatan kualitas lingkungan dengan pengurangan sampah plastik dan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat dengan demo senam CTPS yang diiringi lagu I Miss You Banjarbaru.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penadatanganan Komitmen Germas bersama-sama baik dari pemerintah Pemko Banjarbaru, DPRD Kota Banjarbaru, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Pernikahan Ala Jepang Diingini Luna Maya, Saat Kedekatan Mantan Ariel NOAH & Ryochin Makin Santer

Kepasrahan Ashanty, Makin Kurus & Sakit-sakitan, Ibu Tiri Aurel Sebut Akibat Hidup Kelam Massa Lalu

Isu Ketidakharmonisan Syahrini - Reino Barack Terjawab, Inces Sampai Sebut Naudzubillahimindzalik

Panitia kegiatan, Rusmadi mengatakan pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat di Banjarbaru kepada semua elemen masyarakat.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata implementasi pelaksanaan Germas di Kota Banjarbaru.

Dan sebagai ajang komunikasi untuk mempererat jalinan silaturahim antara seluruh karyawan/karyawati di jajaran Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, pihak swasta, Klinik, sekolah kesehatan, PKK dan juga masyarakat umum.

"Jumlah peserta pada Penggerakan Massa Kampanye Germas sekaligus Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tingkat Kota Banjarbaru 2019 sekitar 1.500 orang," ujarnya.

Wakil Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan bahwa pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan.

"Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya," katanya.

Pada momentum peringatan Hari Kesehatan ke-55 ini, H Darmawan Jaya mengingatkan gerakan masyarakat hidup sehat adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Program ini memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni.

Ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat.

(banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved