Berita Banjarmasin

Karo Kesra Pemprov Kalsel Minta PGI Wilayah Kalsel Ajukan Permohonan Hibah Lahan Makam

Persoalan makin sedikitnya ketersediaan petak lahan makam umat kristiani di Kalimantan Selatan (Kalsel) ditanggapi oleh Pemerintah Provinsi Kalsel.

Karo Kesra Pemprov Kalsel Minta PGI Wilayah Kalsel Ajukan Permohonan Hibah Lahan Makam
Banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Karo Kesra Pemprov Kalsel, H Mujiat bersama Ketua PGI Kalsel, Pdt Kornelius membuka Raker PGI Kalsel 2019. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Persoalan makin sedikitnya ketersediaan petak lahan makam umat kristiani di Kalimantan Selatan (Kalsel) ditanggapi oleh Pemerintah Provinsi Kalsel.

Diwakili Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi Kalsel, H Mujiat, Pemerintah Kalsel meminta Umat Kristiani melalui Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Kalsel untuk mengajukan permohonan hibah lahan.

"Kalau persoalan urgent bisa digagas melalui hibah di Kesra. Ajukan ke Kesra pengadaan lahan untuk makam," kata H Mujiat saat menghadiri Rapat Kerja PGI Wilayah Kalsel, Jumat (29/11/2019).

Hal ini menurutnya juga sudah disampaikannya langsung kepada Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Sudah Bagi Harta, Surat Wasiat Ashanty Pasca Derita Autoimun DIsiapkan, Istri Anang Antisipasi Ini

Hingga Pendaftaran Online CPNS Ditutup, Belasan Formasi Tenaga Dokter Spesialis Tak Ada Peminat

Vina Garut Mengaji Sebelum Sidang, Terdakwa Kasus Video Mesum Vina Garut Diancam Hukaman Ini

Dijelaskannya Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin sebagai pemimpin tidak membeda-bedakan dan memperlakukan seluruh masyarakat secara adil.

Tentu persoalan umat Kristiani terkait kurangnya lahan untuk makam juga menjadi persoalan yang harus dipecahkan bersama.

"Supaya semua yang ada di Bumi Lambung Mangkurat bisa terakomodasi," kata H Mujiat.

Hal ini ditanggapi positif oleh PGI Wilayah Kalsel.

Menurut Ketua 3 Bidang Koinonia, Bambang S, Pihaknya sangat berterimakasih, Paman Birin sudah mendengar apa yang menjadi problematika yang dialami Umat Kristiani di Kalsel saat ini.

Dijelaskan Bambang, saat ini memang ketersediaan lahan makam Umat Kristiani di Kalsel sangat sedikit.

Lokasi lahan makam yang berlokasi di Jalan A Yani kilometer 24,5 Kota Banjarbaru seluas kurang lebih 5 hektar sudah semakin menipis.

"Yang disampaikan Karo Kesra yang membuat kami Umat Kristiani terharu ternyata Paman Birin sudah mendengar hal yang menjadi Problematika kami dalam hal penyediaan lahan makam," kata Bambang.

Hal ini menurutnya memang sudah diperjuangkan PGI Wilayah Kalsel beberapa tahun belakangan dan sempat juga dibahas pada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) beberapa waktu lalu.

Pihaknya mengakui memang belum mengetahui pasti di mana lokasi lahan makam yang direncanakan terkait hibah dari Pemerintah Provinsi Kalsel.

Namun menurut Bambang, untuk keperluan lahan makam, setidaknya dibutuhkan 5 sampai 10 hektar lahan untuk akomodir lahan makam Umat Kristiani di Kalsel. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved