Berita Tapin

Bupati Tapin Minta Gubernur Kalsel Bikin Regulasi Larangan Alih Fungsi Lahan Pertanian

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berkeinginan Kabupaten Tapin mempertahankan surplus produksi pertanian. Tujuannya menjadi daerah

Bupati Tapin Minta Gubernur Kalsel Bikin Regulasi Larangan Alih Fungsi Lahan Pertanian
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Bupati Tapin HM Arifin Arpan memotivasi pemuda yang mengelola sayuran hidroponik di satu stand Expo Tapin 2019 seusai peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin, Minggu (1/12/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berkeinginan Kabupaten Tapin mempertahankan surplus produksi pertanian. Tujuannya menjadi daerah penyangga pangan nasional bagi ibu kota Pemerintah Pusat.

Itu disampaikan Gubernur yang akrab disapa Paman Birin saat memberikan sambutannya pada peringatan Hari Jadi ke 54 Kabupaten Tapin di kawasan RTH Rantau Baru, Minggu (1/12/2019).

Menurut Sahbirin Noor, ibukota Pemerintah Pusat di Kalimantan Timur terealisasi pada 2024 nanti. Itu artimya wilayah Kabupaten Tapin menjadi daerah penyangga, istilahnya Bogornya dari Jakarta karena berdekatan.

Kawasan lahan pertaniannya harus dipertahankan, kalau mampu panen dua kali ditingkatkan menjadi tiga kali panen. Ini mempertahankan agar produksi beras di Kabupaten Tapin tetap surplus, ingat suami Hj Raudatul Jannah.

Penampakan Motor Custom Jokowi, Dipajang di IIMS 2019, Motor Ayah Kaesang Ini Bikin Penasaran

Pelajar Tikam Pelajar saat Mabuk, Kapolres Tapin: Tak Ada Maaf Bagi Pengedar Miras dan Obat-obatan

Kebahagiaan Nia Ramadhani Lihat Rezky Adhitya, Istri Ardi Bakrie: Lancar Ucapkan Ijab Kabul

Masih menurut Paman Birin, pemasaran beras Tapin lebih efesien karena jaraknya dekat daripada mendatangkan beras diluar pulau.

"Kabupaten Tapin dan lainnya sebagai daerah kawasan penyangga pangan nasional untuk ibukota Pemerintahan Pusat. Lebih baik di dalam pulau beli berasnya karena lebih efisien," katanya.

Anggaran peningkatan produksi pertanian di Kalsel, diakui Paman Birin ini, Kabupaten Tapin didukung Pemerintah Pusat melalui program Serasi, kepanjangan dari Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengaku senang dan bangga. Senang karena merayakan hari jadi ke 54 Kabupaten Tapin dan bangga Gubernur Kalsel berserta istri hadir mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin.

Menurut Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Gubernur Kalsel harus mengeluarkan peraturan pemerintah provinsi agar lahan pertanian tidak dialihfungsikan.

Kemudian, Gubernur Kalsel harus sering turun ke lapangan berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten, terutama melaksanakan lima visi Indonesia yang disampaikan Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Saat ini, Kabupaten Tapin tidak hanya surplus produksi padi. Tapi jagung dan kedelai serta produk hortikultura.

Menurut Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Gubernur Kalsel harus membentuk peraturan daerah tentang alih fungsi lahan.

"Saya selalu pemimpin daerah di jabatan kedua saya ini melibatkan generasi milenial di Kabupaten Tapin untuk produksi daging dan ayam potong," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved