Berita Banjarmasin

Miliki 3 Dokter Spesialis Ini, RSUD Ulin Banjarmasin Kini Layani Operasi Tumor Paru dan Tulang

RSUD Ulin Banjarmasin sudah berhasil kembangkan layanannya untuk bedah toraks termasuk layanan operasi tumor paru.

Miliki 3 Dokter Spesialis Ini, RSUD Ulin Banjarmasin Kini Layani Operasi Tumor Paru dan Tulang
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Suasana ruang perawatan pasien Kelas III di RSUD Ulin Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berstatus sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dengan pendapatan dikelola mencapai ratusan miliar Rupiah setiap tahun, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin terus mengupayakan peningkatan kapasitasnya sebagai salah satu RS rujukan utama di Kalsel.

Belakangan, RSUD Ulin Banjarmasin sudah berhasil kembangkan layanannya untuk bedah toraks termasuk layanan operasi tumor paru.

Kesiapan RSUD Ulin untuk lakukan tindakan bedah toraks sudah kurang lebih sejak tiga bulan belakangan yang dilakukan oleh tenaga dokter spesialis.

Dijelaskan Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, dr Hj Suciati, persiapan untuk wujudkan layanan operasi tumor paru tak hanya dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) tapi juga kesiapan sarana dan prasarana di RS.

HUT KE-50 RS Suaka Insan Banjarmasin, Suster Asal Filiphina Ini 30 Tahun Mengabdi

Perubahan Rambut Ashanty yang Kini Sakit Autoimun Disorot, Istri Anang Salahkan Aurel Hermansyah

Jalan Rusak Menuju Wisata Pantai Ujung Pandaran Dikeluhkan Peserta Kemah Ely

Geger Api Tiga Sumur Bor Desa Bedandan, Pekerja Tak Berani Lanjutkan Pekerjaan

"Kami sudah ada tenaga dokter spesialis yang bisa lakukan operasi tumor paru sekitar tiga bulan belakangan," kata dr Hj Suciati.

Selain itu, layanan operasi tumor tulang dan tulang belakang juga sebelumnya sudah dapat dilaksanakan di RSUD Ulin Banjarmasin.

Layanan tersebut menurut dr Hj Suciati juga termasuk layanan yang menjadi layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Itu masuk layanan BPJS, Walau terkadang biaya operasi dan perawatan bisa melebihi apa yang ditanggung BPJS Kesehatan," terangnya.

Menurutnya pasien dengan penyakit tersebut cukup banyak didapati di Kalsel, sehingga dengan kemampuan RSUD Ulin Banjarmasin melakukan prosedur operasi tersebut, pasien tak perlu lagi dirujuk ke RS di luar Kalsel.

Pihaknya saat ini juga dalam tahapan mempersiapkan layanan operasi tumor jantung.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved