Ekonomi dan Bisnis

Penggunaan Digital Payment Capai 15 Persen Per Bulan, Beragam Gimmick Menarik Bagi Costumer

Transaksi non tunai atau cashless society, sejumlah toko, swalayan, rumah makan dan lainnya kian banyak bergabung menjadi merchant digital payment.

Penggunaan Digital Payment Capai 15 Persen Per Bulan, Beragam Gimmick Menarik Bagi Costumer
banjarmasinpost.co.id/mariana
Costumer Informa gunakan digital payment OVO untuk transaksi pembayaran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejalan dengan gerakan pemerintah mengenai transaksi non tunai atau cashless society, sejumlah toko, swalayan, rumah makan dan lainnya kian banyak bergabung menjadi merchant digital payment.

Di antaranya Familiy Petshop berlokasi di Jalan Cemara Banjarmasin telah gunakan beragam digital payment sebagai alat pembayaran non tunai.

"Pembayaran non tunai yang ada di Familiy Petshop ada tiga jenis, yakni debit dan kredit EDC serta mesin dompet digital OVO," jelas Owner Familiy Petshop, Novan kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (1/12/2019).

Dia mengungkapkan, transaksi pembayaran cashless dalam sebulan sekitar 15 persen dari total transaksi. 85 persen customer masih cenderung bayar tunai. Biasanya perbelanjaan secara cashless nominal di atas Rp 100.000.

Foto Jadul Syahrini & Ariel NOAH Tersebar, Kehadiran Luna Maya Disorot, Sebelum Nikahi Reino Barack?

Bali dan Lombok Pulau Eksotis Alternatif Liburan Akhir Tahun, Tarif Paket Mulai Rp 3 Jutaan

Miliki 3 Dokter Spesialis Ini, RSUD Ulin Banjarmasin Kini Layani Operasi Tumor Paru dan Tulang

Terus Keluarkan Api, Tiga Sumur Bor Desa Bedandan Bikin Warga Kuatir Terjadi Ledakan Hebat

Daya tarik gunakan OVO dan digital payment lainnya, ada banyak gimmick yang ditawarkan kepada costumer. Di Family Petshop misalnya, brand-brand pakan tertentu dibundling dengan aksesoris seperti tas belanja, kontainer box, atau tempat makanan, serok buat litter box atau pasir kucing. Ada pula cashback 10-30 persen dengan minimal nominal belanja tertentu.

"Terakhir beberapa brand juga berikan promo bundling beli dua kemasan besar dapat satu kemasan kecil, atau biasanya dryfood isi 1 kg dibundling dengan wet food 85 gr," ujarnya.

Diskon khusus dari toko juga ada, pada momen tertentu seperti hari ualng tahun (HUT) toko diberikan diskon sebesar 10 persen dengan pembelian minimal Rp 50.000. Misalnya lagi saat Dirgahayu Republik Indonesia (RI) ada diskon 17 persen minimal pembelian Rp 50.000.

Diakuinya, pembayaran lewat mesin OVO didominasi kalangan milenial, sedangkan mesin debit/kredit EDC umumnya para orang tua.

"Kontribusi digital payment OVO membantu sekali, karena ada item-item tertentu yang harganya di atas Rp 500.000 seperti kandang yang kisarannya sampai dengan Rp 1 jutaan. Terlebih untuk orang yang baru ingin memelihara kucing biasanya perbelanjaannnya di atas Rp 500.000, untuk nominal tersebut hampir rata-rata biasa cashless," imbuhnya.

Kemudahan penggunaan OVO dalam transaksi pembayaran, dana hasil transaksi langsung masuk ke rekening yang terdaftar sehingga tidak perlu repot setor ke bank. Sedangkan via kredit EDC, pihaknya harus menambahkan dana charge 0,5 persen.

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved