Berita Balangan

Siskeudes Online di Balangan Diterapkan 2020 Mendatang, Begini Konsepnya

Penggunaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes ) online di Kabupaten Balangan sudah diterapkan sejak Oktober 2019 kemaren

Siskeudes Online di Balangan Diterapkan 2020 Mendatang, Begini Konsepnya
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Penggunaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes ) online di Kabupaten Balangan sudah diterapkan sejak Oktober 2019 kemaren. Tak terindahkan, ada beberapa desa yang mengalami kendala untuk sistem online tersebut. Karena minimnya akses jaringan internet di desa.

"Memang ada beberapa desa yang belum ada jaringan internet. Tapi itu tidak masalah," ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar, Minggu (01/12/2019).

Terangnya, ada solusi atau cara untuk mengatasi tidak adanya akses internet tersebut. Satu di antaranya yakni desa yang tidak memiliki akses komunikasi internet bisa pergi ke desa tetangga atau ke kecamatan.

LINK Bein Sports 2! Live Streaming TV Online Parma vs AC Milan Liga Italia, Tak Siaran Langsung RCTI

Diam-diam Baim Wong Datangi Apartemen Marshanda, Suami Paula Verhoeven CLBK?

Menkes Terawan Agus Putranto Sebut Dokter Penyebab Tunggakan BPJS Kesehatan, IDI Pun Angkat Suara

Siskeudes online ujar Urai merupakan aplikasi yang sudah digunakan oleh pihak desa untuk laporan keuangan. Bedanya, sekarang dilakukan secara daring. Dalam artian bisa diakses oleh beberapa instansi atau lembaga dan cukup dimasukan data oleh desa melalui aplikasi tersebut.

Sehingga sistem online dianggap lebih efektif karena terintegrasi ke pemerintah kabupaten dan mempermudah pelaporan keuangan desa.

Selain itu jelas Urai, selama ini sudah ada akses internet yang diberikan oleh desa melalui pengadaan oleh Pemdes. Lantas untuk desa yang belum, ia pun berharap agar bekerjasama dengan provider pelayanan jaringan internet. Sehingga untuk pelayanan online 2020 mendatang bisa dilakukan.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved