Berita Tapin

Polres Tapin Luncurkan Aplikasi Panggilan Darurat Bernama Hallo Tapin, Begini Cara Kerjanya

Kepolisian Resor (Polres) Tapin meluncurkan aplikasi panggilan darurat bagi kepolisian, pemadam kebakaran dan ambulans.

Polres Tapin Luncurkan Aplikasi Panggilan Darurat Bernama Hallo Tapin, Begini Cara Kerjanya
Humas Pemkab Tapin
Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno memcoba tombol panik dalam aplikasi panggilan darurat bernama Hallo Tapin, Senin (1/12/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Kepolisian Resor (Polres) Tapin meluncurkan aplikasi panggilan darurat bagi kepolisian, pemadam kebakaran dan ambulans.

Aplikasi itu dikenalkan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi ke 54 Kabupaten Tapin di kawasan RTH Rantau Baru, Minggu (1/12/2019).

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor serta Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno secara simbolis meresmikan aplikasi bernama Halo Tapin.

Tiga Polwan membawa handphone android yang sudah berisi aplikasi panggilan darurat itu agar ketiga pimpinan itu berkenan ujicoba menekan tombol panik dalam aplikasi darurat tersebut.

"Alhamdulillah, bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin kami meluncurkan aplikasi Hallo Tapin," kata Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno.

Istri Menderita Penyakit Aneh, Wajah & Kulit Tubuh Melepuh Seperti Terbakar, Andi Lakukan Hal Ini

LIVE Indosiar! Link Live Streaming Madura United vs Persebaya di TV Online Usee.TV Liga 1 2019

Soal Makelar Kamar di RSUD Ulin Banjarmasin, Komisi IV DPRD Kalsel: Kerabat Kami Sendiri Mengalami

Menurut AKBP Eko Hadi Prayitno, program aplikasi pertama kali di wilayah Kabupaten Tapin, bedanya dengan di daerah lainnya, tombol panik itu terkoneksi langsung dengan handphone Kapolres Tapin hingga jajaran Bhabinkamtibmas.

"Selama ini yang terjadi masyarakat terkadang bingung menghadapi kejadian di hadapan matanya untuk membuat laporan. Dengan aplikasi Hallo Tapin ini tidak perlu bingung lagi," katanya.

Aplikasi panggilan darurat Hallo Tapin adalah murni layanan kepolisian berbasis digital karena sebagian besar masyarakat sudah menggunakan handphone android.

Cara menggunakan aplikasi panggilan darurat Hallo Tapin, tinggal masyatakat mendownload di play store dengan memasukan nama, nomor telepon dan akun email.

Kedepannya, aplikasi itu akan terus dikembangkan sistem android dan ios juga dengan melibatkan instansi teknis seperti pemadam kebakaran, ambulans dan instansi pelayanan publik, seperti hallo apotik dan halllo dokter dan hallo bidan.

Termasuk instansi Dinas Sosial untuk penanganan orang dengan gangguan kejiwaan di wilayah Kabupaten Tapin.

Apakah ada hukuman bagi warga yang menekan tombol panik panggilan darurat, ternyata peristiwa tidak benar?

Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno menegaskan tidak ada sanksi bagi warga yang menekan tombol panik tersebut.

"Tidak ada. Hanya kami menghimbau kepada warga untuk menggunakan aplikasi dengan baik," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved