Berita Tanahbumbu

Anggota Polres Tanahbumbu Ini Jadikan Ngobrol Bareng Warga 'Jurus' Ampuh Ciptakan Harkamtibmas

Anggota Polres Tanahbumbu Ini Jadikan Ngobrol Bareng Warga 'Jurus' Ampuh Ciptakan Harkamtibmas

Anggota Polres Tanahbumbu Ini Jadikan Ngobrol Bareng Warga 'Jurus' Ampuh Ciptakan Harkamtibmas
istimewa
Brigadir Andi Akbar anggota Polsek Angsana ngobrol bareng warga di desa binaan sambil menyampaikan pesan-pesan kamtibmas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Duduk santai sambil ngobrol bareng warga hal paling menyenangkan. Bahkan cara ini menjadi 'jurus' ampuh, selain mempererat silaturahmi dengan warga juga terpelihara situasi keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

Cara pemeliharaan kamtibmas (Harkamtibmas) dikemas dalam kegiatan sambang desa itu pun acap kali dilakukan Brigadir Andi Akbar anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Angsana Polres Tanahbumbu.

Berkumpul sembari bercengkrama dengan warga, Brigadir Andi Akbar yang juga Bhabinkamtibmas Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana Tanahbumbu sebagai upaya memperkuat hubungan silaturahmidengan masyarakat.

Diberikan Sosialiasi Pajak Panen, Petani Sarang Walet Kabupaten Batola Kaget Bangunan Mau Digembok

Dicoret Dewan, Penambahan Armada Angkutan Pelajar Kota Banjarmasin di 2020 Terancam Batal

Ekskavator Terbalik saat Bongkar Bangunan di Oprit Jembatan Sulawesi II, Begini Nasib Operatornya

Dalam dialognya, anggota polisi berpangkat brigadir ini tidak lupa selalu menyisipkan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat.

Upaya menekan dan mencegah terjadinya kriminalitas seperti tindak pidana pencurian. Ia mengimbau kepada masyakarat sebelum meninggalkan rumah agar tidak menyimpan uang dan barang berharga di dalam rumah pada tempat-tempat yang mudah ditemukan pelaku kejahatan.

"Kunci pintu dan jendela rumah, dan bila perlu buat kunci tambahan sehingga tidak mudah untuk dicongkel atau dibuka paksa," pesannya.

"Beritahukan pula kepada tetangga atau petugas jaga siang dan malam, sebelum meninggalkan rumah. Bilamana rumah ditinggalkan beberpa hari, laporkan kepada Ketua RT," imbuhnya.

Kapolres Tanahbumbu AKBP Sugianto Marweki SIK.MSi melalui Kapolsek Angsana Iptu H Tony Haryono SE.MM mengapresiasi langkah inovasi yang dilakukan anggota kepada warga upaya mencegah potensi yang dapat menimbulkan gangguang kamtibmas.

"Selain, dengan sering-sering berdialog dengan warga agar lebih mengenal masyarakat. Dan selalu tercipta situasi kamtibmas yang kondusif," tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Rahmadhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved