Otomotif

Mungkin Anda Merasakan Menikung ke Kanan Lebih Sulit dari ke Kiri, Begini Jawaban Ahlinya

Salah satu teknik yang harus dikuasai saat mengendarai sepeda motor ialah cornering. Selain cukup sulit, banyak orang rupanya yang merasa

Mungkin Anda Merasakan Menikung ke Kanan Lebih Sulit dari ke Kiri, Begini Jawaban Ahlinya
JR for KompasOtomotif
Saat menikung, sepeda motor terasa sangat stabil berkat setelan suspensi yang pas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Salah satu teknik yang harus dikuasai saat mengendarai sepeda motor ialah cornering. Selain cukup sulit, banyak orang rupanya yang merasa lebih percaya diri saat menikung ke kiri ketimbang ke kanan.

Agus Sani, Head Safety Riding Promotion Wahana, main diler motor Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, ada beberapa alasan mengapa tak sedikit pengendara motor lebih nyaman menikung ke kiri daripada ke kanan.

"Menurut saya, banyak orang lebih nyaman menikung ke kiri karena pada saat posisi motor miring ke kiri maka gerakan dan posisi tangan untuk membuka gas lebih bebas," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (3/12/2019).

Beda Syahrini, Luna Maya & Nia Ramadhani Tampil di Majalah Ternama, Istri Reino Barack Disoroti Ini

Kemana Para Artis Liburan Tahun Baru, Ini Kata Seleb dari Melaney Ricardo hingga Ussy Sulistiawaty

INGAT! Jangan Main HP Saat Hujan Kalau Tak Ingin Seperti 6 Warga Ini, Disambar Petir Satu Tewas

Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.(Istimewa)

Selain posisi tangan yang lebih bebas, Agus mengatakan, dari sudut pandang safety riding, saat menikung ke kiri, posisi kaki kanan terutama di motor tipe bebek atau sport lebih mudah untuk menginjak rem belakang.

"Jika sepeda motor miring ke kanan, bagian tangan akan menekuk sehingga dalam menarik atau mengontrol gas jadi tidak bebas. Kaki kanan untuk menginjak rem belakang juga ada kemungkinan pedal rem terkena aspal," katanya.

Agus mengatakan, selama postur pengendara dalam gerakan yang benar maka menikung ke kanan atau ke kiri sama saja tidak ada masalah, yang penting adalah kontrol kecepatan dan bukaan gas.

Baca juga: Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan, Perlukah Ban Basah?

"Jika kita ingin masuk ke tikungan yang perlu dilakukan adalah mengurangi kecepatan lalu memindahkan posisi gigi ke yang lebih rendah, selanjutnya pandangan mata menuju ke arah yang dituju," ucap Agus.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved