Berita HSS

Anggarkan Rp 31,6 Miliar, Pemkab HSS Targetkan 2020 Seluruh Warga HSS Sudah Menjadi Peserta BPJS

Pemkab Hulu Sungai Selatan menargetkan, tahun 2020 mendatang seluruh warga HSS yang berjumlah 237.702 penduduk 100 persen menjadi peserta BPJS

Anggarkan Rp 31,6 Miliar, Pemkab HSS Targetkan 2020 Seluruh Warga HSS Sudah Menjadi Peserta BPJS
Kompas.com/ Luthfia Ayu Azanella
Ilustrasi BPJS Kesehatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemkab Hulu Sungai Selatan menargetkan, tahun 2020 mendatang seluruh warga HSS yang berjumlah 237.702 penduduk 100 persen menjadi peserta BPJS.

Target tersebut didukung adanya program BPJS Semesta, yang mengcover semua warga ber-KTP HSS untuk menjadi peserta jaminan kesehatan masyarakat oleh daerah, khusus untuk fasilitas kelas III.

Kepala Dinas Kesehatan HSS, melalui Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan dan Rujukan,Nurdiana Citra Dewi kepada banjarmasinpost.co.id, beberapa waktu lalu menyebutkan, jaminan dengan nama program BPJS Semesta tersebut, mulai dilaksanakan sejak 1 Januari 2019.

Seluruh masyarakat yang memiliki KTP-E sebagai warga HSS, berhak menerima program tersebut. Adapun warga HSS yang telah tercatat sebagai penerima program itu, sebanyak 121.331 orang.

Gagalkan Aksi Tawuran Massal di Basirih Selatan, Polisi Amankan Remaja Bersajam

Melawan Madura United Kalteng Putra Tanpa Tiga Pemain, Gomes de Olievera Optimistis Raih Tiga Poin

Maksimalkan Penggunaan Website SKPD untuk Penyebarluasan Informasi, Diskominfo HSU Lakukan Ini

Klasemen Sepakbola SEA Games 2019 Pasca Hasil Akhir Timnas Indonesia vs Laos & Vietnam vs Thailand

"Tiap bulan jumlahnya berubah, bisa bertambah atau berkurang seiring adanya kematian, kelahiran, tinggal di luar daerah, mutasi penduduk dari daerah lain menjadi warga HSS dan sebab lainnya,"ungkap ‎Nurdiana.

Untuk program tersebut, Pemkab HSS pada 2019 mengangarkan Rp 31,6 miliar, anggaran tersebut dilanjutkan untuk program 2020 mendatang pada APBD HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry menyatakan, BPJS Semesta merupakan upaya Pemkab HSS menjamin dan melayani kesehatan masyarakat.

“Ini langkah kongkrit mengawal dan memberi jaminan dan perlindungan kesehatan masyarakat,”kata Fikry.

Untuk program tersebut, Pemkab HSS pada 2019 menganggarakan premi dari dana APBD sebesar 31,6 miliar dilanjutkan tahun 2020 mendatang.

Dijelaskan, dari jumlah yang dianggarkan pada 2019, sudah terserap 99'5 persen, hingga triwulan ke empat. Adapun segmen peserta, dari total jumlah penduduk, penerima bantuan iauran dari APBD HSS 121.331 orang yang dibiayai Pemkab HSS dari dana APBD dan dari dana APBN sebanyak 70.000 peserta.

Sisanya, peserta dari kalangan PNS, karyawan perusahaan atau karyawan swasta serta peserta mandiri non penerima upah.

"Kami Targetkan 2020 semua sudah jadi peserta BPJS,"pungkasnya.

Dilaporkan Selewengkan Dana Desa, Begini Penjelasan Kades Bekambit Kampung Kotabaru

Cegah Motor Masuk Trotoar, Pemko Pasang Penghalang Kendaraan di Trotoar Mulai Fly Over Sampai Km 6

Menuju Haul ke-15 Guru Sekumpul, Dinas PUPR Banjar Normalisasi Akses Jalan hingga Drainase

Sebelumnya, Bupati HSS mengatakan, BPJS semesta merupakan upaya Pemkab HSS menjami dan melayni kesehatan masyarakat sebagai langkah kongkrit dalam memberikan jaminan dan perlindungan kesehatan masyarakat.

Semua warga HSS tak terkecuali, asalkan memiliki KTP HSS dan bersedia mendapat fasilitas kelas III bakan dijamin biaya berobatnya dengan fasilitas sesuai kelas tadi. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved