Berita Balangan

DPRD Balangan Harapkan Tekhnologi untuk Desa Binjai Punggal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Komisi III DPRD Kabupaten Balangan memberikan dukungan penuh pada program sosialisasi pilot project tekhnologi baru di Desa Binjai Punggal

DPRD Balangan Harapkan Tekhnologi untuk Desa Binjai Punggal Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
istimewa/setwan balangan
Tim Baristan Banjarbaru mempelihatkan penggunaan alat pembuat tepung umbi maya yang diserahkan untuk kelompok tani di Desa Binjai Punggal, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Komisi III DPRD Kabupaten Balangan memberikan dukungan penuh pada program sosialisasi pilot project tekhnologi baru di Desa Binjai Punggal, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Rabu (04/12/2019) kemaren.

Acara yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Kabupaten Balangan, bekerjasama dengan Balai Riset dan Standarisasi Industri (Baristan) Banjarbaru itu mendapat perhatian dari masyarakat. Khususnya kelompok tani.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Balangan, Erly Satriana menyampaikan dukungannya secara langsung akan diberikannya dua alat yang mampu mempermudah warga. Khususnya dalam hal perkebunan.

"Kami siap mendukung penuh segala program dari Balitbangda Kabupaten Balangan dan Baristan Banjarbaru. Apalagi yang berhubungan dengan masyarakat," ucap Erly.

Menangis di Tengah Jalan, Perempuan Muda Ini Kejutkan Pengendara di Banjarmasin

Musibah Terjadi Jelang Ahmad Dhani Bebas, Mulan Jameela Kabarkan Ini Pasca Mobil Mahalnya Disorot

Penyerapan Anggaran 85 Persen, Wali Kota Banjarmasin Sebut 14 SKPD Masuk Zona Merah

Nyaris Roboh, Rangka Baliho Ini Bikin Warga Pemurus Dalam Banjarmasin Khawatir

Ia juga berharap ke depan akan ada pengembangan dan penelitian berlanjut untuk kelompok tani di Balangan. Sehingga mempermudah dan mampu meningkatkan kualitas serta produktifitas usaha mereka.

Ditambah lagi, selain meningkatkan ekonomi untuk masyarakat, diharapkan olehnya pula, inovasi yang diberikan dimanfaatkan sedemikian rupa, sebagaimana fugsinya.

Apalagi, kelompok tani di Desa Binjai Punggal mendapatkan alat pembuat asap cair yang bisa menggantikan fungsi asam semut untuk pembeku karet. Sehingga petani karet pun bisa lebih hemat untuk produksi karet mereka.

Jauhi Degradasi, Barito Putera Wajib Menang saat Lawan Semen Padang

Jelang Tutup Tahun, Jamkrida Kalsel Serap 39.897 Persen Tenaga Kerja

Aib Nikita Mirzani Saat Habiskan Malam dengan Jorge Lorenzo Dibongkar, Billy Syahputra Ditendang!

Selain itu, alat lainnya yakni mesin pembuat tepung dari umbi maya. Dimana umbu maya yang awalnya dijual mentah, kini bisa diolah setelah dijadikan tepung.

Pada acara yang dihadiri oleh beberapa kepala SKPD lingkup Pemkab Balangan, Forkopimca dan masyarakat itu, juga sekaligus uji coba kedua alat tersebut. Sehingga warga pun mengetahui sistem kerja dan manfaat tekhnologi yang diberikan. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved