Berita Tanahlaut

Gandeng Fakultas Kedokteran ULM, Kemenkes Datangi Daerah Belum Optimalkan Forum Germas

Kemenkes RI menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ulm) dalam rangka memaksimalkan program germas di daerah.

Gandeng Fakultas Kedokteran ULM, Kemenkes Datangi Daerah Belum Optimalkan Forum Germas
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Paparan terkait peran universitas terhadap germas oleh Ihya Hazairin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga harus diterapkan di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia, Kemenkes RI menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ulm) dalam rangka memaksimalkan program germas di daerah.

Germas saat ini sudah memiliki peraturan bupati hingga walikota semua daerah di Kalsel. Namun, belum semua daerah yang membentuk forum germas atau forum germas yang masih belum optimal.

Hal itulah yang mendasari Kemenkes bersama ULM menyambangi tiga kabupaten di Kalsel yakni Kabupaten Banjar, Tabalong dan Tanahlaut untuk mengadakan forum komunikasi Germas.

Kasi kemitraan direktorat promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Kemenkes RI, Dina Agus Sulistiyani mengakui, memang untuk saat ini sudah memiliki peraturan bupati terkait Germas namun untuk forumnya masih belum terlalu aktif dan masih tersendat-sendat sosialisasinya.

Fakta Baru Video Syur Gisella Anastasia Pasca Heboh Foto di Pesta Jedar, Eks Gading Marten Ucap Ini

Melalui Program OMOH, PLN Bantu Penyambungan Listrik Gratis di Handel Enon Kapuas Timur

Dicurigai Jadi Pengedar Narkoba, Saat Ditangkap Boby Simpan Tujuh Paket Sabu

Viral Video Ustadz Abdul Somad Hak Istri Minta Cerai, Penyebab Perceraian Mellya Juniarti & UAS?

"Ada yang baru tahu, ada yang memang belum paham karena baru Juni 2019 lalu kan dibentuk forumnya," jelasnya usai acara Kamis (5/12/2019) di Aula Dinkes Tanahlaut, Kabupaten Tanahlaut 

Ia mengharapkan munculkan komitmen forum germas dalam melaksanakan germas. Namun untuk daerah yang baru membentuk forum biasanya masih ada yang belum paham bahwa yang SKPD lakukan adalah bagian dari Germas.

Ia juga meminta agar arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Tanahlaut agar lebih mengutamakan masyarakat sehat dibanding yang sakit.

"80 persen masyarakat Indonesia sehat, dan hanya 30 persen yang sakit, kenapa pemerintah harus lebih banyak menganggarkan anggaran untuk yang sakit, lebih baik mengharukan anggaran untuk orang sehat agar jangan sampai sakit," ungkapnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Pemenuhan sarana prasarana mendukung germas mialanya jogging track, lintasan sepeda saluran air bersih yang baik harus diperhatikan sehingga masyarakat yang sehat bisa semakin sehat atau tetap sehat.

Sementara perwakilan ULM, Ihya Hazairin Noor mengatakan kegiatan kerjasama Kemenkes RI dengan ULM ini baru pertama kali diadakan.

Sebelumnya pihaknya sudah mendatangi Pemkab Banjar, Tabalong dan terakhir di Tanahlaut.

NEWSVIDEO : Satpol PP Kabupaten Banjar Police Line Sebuah Rumah di Kawasan Jalan Albasia Martapura

Kios Pasar Apam di HST Diratakan, Pedagang Pasrah

Perubahan Drastis Tubuh Ashanty Terungkap, Ibu Aurel Hermansyah Mulai Rasakan Dampak Autoimun?

"Keluaran yang kita harapkan agar daerah berkomitmen untuk melaksanakan germas," sebutnya.

Pasalnya ujarnya Germas tak hanya milik Dinas Kesehatan namun juga menjadi tanggung jawab SKPD lain, media masa, mitra usaha, perguruan tinggi hingga komunitas.

"Kita di ULM juga sudah melaksanakan germas dengan senam dan berbagai kegiatan Germas," sebutnya. (banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved