Berita Tanahlaut

Hari Jadi ke-52 Tanahlaut, Bupati Sukamta Janjikan Ini Bagi Warga Desa Terisolir

Tahun kedua kepemimpinannya, Bupati Tanahlaut H Sukamta dan pasangannya Wakil Bupati Abdi Rahman bakal fokus kepada infrastruktur.

Hari Jadi ke-52 Tanahlaut, Bupati Sukamta Janjikan Ini Bagi Warga Desa Terisolir
Humpro Tanahlaut
Penandatanganan nota kesepahaman pengembangan usaha mikro melalui pembiayaan ultra mikro yang ditandatangani oleh Bupati Tala H. Sukamta dengan Direktur Utama Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANAHLAUT - Memiliki wilayah yang luas tak dipungkiri Kabupaten Tanahlaut masih memiliki desa-desa sangat terisolir yang sulit diakses dengan roda dua hingga jarak yanh terlalu jauh dengan pusat kota kabupaten, Pelaihari.

Karenanya di usia ke 54 Kabupaten Tanahlaut dan masuk di tahun kedua kepemimpinannya, Bupati Tanahlaut Sukamta dan pasangannya Wakil Bupati Abdi Rahman bakal fokus kepada infrastruktur.

Ia  mengatakan, desa-desa yang sulit diakses bakal dibuka sehingga memaksimalkan potensi desa. Tak hanya itu dengan akses yang mudah maka perekonomian di desa menjadi lancar dan tak ada kesengajaan.

"Biaya transportasi lebih murah, barang jasa juga lebih murah dan efisiensi waktu," terangnya kepada Banjarmasinpost.co.id usai acara peringatan hari jadi ke 54 Kabupaten Tanahlaut di lapangan stadion Pertasi Kencana Kota Pelaihari Kabupaten Tanahlaut Kalimantan Selatan, Kamis (5/12/2019).

Sejumlah Proyek Lanjutan RSUD Sultan Suriansyah Gagal Lelang, Nilainya Capai Rp 16 Miliar

NEWSVIDEO : Satpol PP Kabupaten Banjar Police Line Sebuah Rumah di Kawasan Jalan Albasia Martapura

Kios Pasar Apam di HST Diratakan, Pedagang Pasrah

Perubahan Drastis Tubuh Ashanty Terungkap, Ibu Aurel Hermansyah Mulai Rasakan Dampak Autoimun?

Desa yang sangat terisolir yang menjadi target Sukamta untuk dibuka aksesnya sehingga lebih dekat jarak tempuh dan bisa diakses dengan roda dua yaitu Desa Salaman, Riam Adungan, Pantai Harapan, dan Muara Kintap Seberang.

Desa Pantai Harapan, yang saat ini tak bisa diakses mobil nantinya akan dibuka sehingga bisa dilintasi mobil.

Selain itu, ujar Sukamta Desa Salaman dan Riam Adungan yang jarak tempuhnya ke Pelaihari mencapai 100 kilometer bakal dipangkas menjadi 40 kilometer saja.

Sementara jarak ke Desa Muara Kintap Seberang juga akan bisa ditempuh dalam sembilan kilometer saja dari sebelumnya sekitar 30 kilometer dari Pelaihari.

Memang sebutnya di tahun ke 54 ini pihaknya berfokus pada infrastruktur. Berdasarkan data yang ia sebutkan ia masih memiliki hutang 29 kilometer jalan yang belum diaspal dengan baik. Sehingga perlu perbaikan jalan.

Menangis di Tengah Jalan, Perempuan Muda Ini Kejutkan Pengendara di Banjarmasin

Musibah Terjadi Jelang Ahmad Dhani Bebas, Mulan Jameela Kabarkan Ini Pasca Mobil Mahalnya Disorot

Puncak Peringatan Hari Jadi ke-54 Kabupaten Tanahlaut, Bupati Sukamta Ajak Cangkal Bausaha

"Total panjang jalan Kabupaten Tanahlaut ada 85 kilometer, sekarang sudah terealisasi 56 kilometer yang sudah diperbaiki dan saya masih ada hutang 29 kilometer lagi, dan ini akan fokus untuk desa yang sangat terisolir tadi," jelasnya.

Pembangunan infrastruktur itu tambahnya nanti akan diadakan dengan berbagai model pembiayaan. Jika memang tak bisa dijalankan dengan APBD maka akan dicari solusi lainnya.
(Banjarmasinpost.co.id/milna sari)

 

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved