Berita Banjarmasin

Najwa Shihab Bikin Undangan Riuh Saat Mengisi Talkshow Literasi Digital di Perpusda Kalsel

Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab kembali sambangi Kalimantan Selatan (Kalsel) kali ini sebagai pembicara di Talkshow bertema literasi digital

Najwa Shihab Bikin Undangan Riuh Saat Mengisi Talkshow Literasi Digital di Perpusda Kalsel
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab saat kunjungi Perpusda Provinsi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab kembali sambangi Kalimantan Selatan (Kalsel) kali ini sebagai pembicara di Talkshow bertema literasi digital di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kalsel, Kamis (5/12/2019).

Kehadiran Najwa atau yang akrab disapa Nana ini membuat riuh ratusan tamu undangan yang berasal dari kalangan pegiat literasi dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kalsel.

Dibuka oleh Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan, Nana mengisi Talkshow bertema Literasi Digital bersama Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional, Sri Sumekar, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel, Hj Nuriani dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalsel, Isma Jauharianti Abdul Haris.

Dijelaskan Nana, literasi digital memiliki arti banyak, namun salah satu yang paling penting adalah kemampuan seseorang untuk memilah dan mengolah informasi yang diperoleh dari medium bacaan digital agar bermanfaat dan membuat hidup lebih baik.

Foto Jadul SBY & Ani Yudhoyono Disorot Annisa Pohan, Unggahan Ayah AHY Ungkap Fakta Ini

Imbas Body Shaming, Betrand Peto Ogah Lakukan Ini Lagi, Ruben Onsu & Sarwendah Bongkar Masalahnya

Ucapan Pilu Anak Nikita Mirzani, Azka Soal Ayahnya Sajad Ukra, Begini Reaksi Billy Syahputra

Pasalnya, memasuki era revolusi 4.0 yang serba digital dimana teknologi sudah merambah ke hampir semua aspek kehidupan dan merubah cara peradaban mengonsumsi informasi yang mulai beralih didominasi sumber digital tentu dibutuhkan literasi digital.

"Teknologi itu bisa jadi pedang bermata dua, jadi tergantung penggunanya. Bukan cuma teknologinya, tapi bagaimana kita memanfaatkan teknologi itu," kata Nana.

Sehingga menyiapkan generasi bangsa yang berliterasi digital penting dan tak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, Perpustakaan Nasional maupun Daerah dan dunia pendidikan tapi juga peran orang tua yang menurutnya vital.

Selain itu, untuk mengimbangi besarnya arus informasi digital yang ada, penting juga untuk memperbesar ketersediaan konten digital yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat yang kini banyak yang tak bisa lepas dari dunia digital.

Upaya ini dilakukan Perpustakaan Nasional dengan meluncurkan e-Perpusnas yang berisi buku-buku dan konten bermanfaat dalam bentuk digital yang bisa diakses secara gratis.

Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan juga ungkapkan langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalsel dengan Pencanangan Gerakan Literasi Digital di Banua.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved