Berita Tanahbumbu

Belum Ada Balon Jalur Independen Minta Password SILON, ini Anggapan Ketua KPU Tanahbumbu

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanahbumbu Makhruri sudah mengumumkan, pengajuan persyaratan bakal calon (Balon) pasangan Bupati dan Wakil Bupati

Belum Ada Balon Jalur Independen Minta Password SILON, ini Anggapan Ketua KPU Tanahbumbu
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Ketua KPU Tanahbumbu Makhruri 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanahbumbu Makhruri sudah mengumumkan, pengajuan persyaratan bakal calon (Balon) pasangan Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan sampai 23 Pebruari 2020 mendatang.

Menurut Makhruri, batas akhir pengajuan persyaratan balon perseorangan masih lama, karena tahapan yang sedang berjalan masih pada pengumuman penyerahan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan.

Selain itu pihaknya juga menunggu adanya balon perseorangan yang hendak konsultasi terkait pengumpulan KTP dukungan, tatacara mengoperasikan aplikasi SILON (sistem informasi pencalonan), pemberian password SILON dan konsultasi lainnya.

Kabar Buruk Sule Terkait Lina Mantan Istrinya, Sohib Andre Taulany Sebut Ibu Rizky Febian Alami Ini

Baim Wong dan Paula Verhoeven Bahagia, YouTube Baim Paula Menang di METUBE WebTVAsia Awards 2019

Hubungan Sebenarnya Ayu Ting Ting & Andi Arsyil Terbongkar, Tergoda Sohib Ruben Onsu & Robby Purba?

Namun sampai hari ini belum ada masyarakat yang serius maju sebagai calon bupati/wabup dari jalur perseorangan.

"Indikatornya ya, karena belum ada (balon) yang meminta password SILON ke KPU Tanahbumbu. Sebab semua dukungan dan KTP wajib dimasukan ke aplikasi SILON sebelum diserahkan ke KPU," terang Makhruri, Jumat (6/12/2019).

Disinggung persyaratan dukungan, lanjut Makhruri, untuk balon perseorangan syarat (KTP) minimal 23.699 dukungan dan tersebar minimal di 6 kecamatan.

Sementara Kabupaten Tanahbumbu memiliki 10 kecamatan.

"Dan, jika tidak terpenuhi maka tidak bisa mencalon. Pendaftaran calon dimulai tanggal 16 sampai 18 Juni 2020, masih lama," katanya.

Terpisah, balon perseorangan, Mila Karmila memastikan diri dalam kontestasi Pilkada Tanahbumbu, mengatakan selain menyampaikan lamaran, berharap ada dukungan dari beberapa partai politik mengusung.

Mila menjelaskan saat ini juga sedang konsen melengkapi persyaratan dukungan maju jalur independen sebagai alternatif, selain tetap menempuh jalur parpol.

"Saya saat ini konsen pengumpulan syarat dukungan (KTP) sesuai yang disyaratkan KPU," katanya.

Sekarang syarat dukungan itu bahkan, kata dia, sudah mencukupi total disyaratkan KPU yaitu 23.699.

"Tapi tetap harus lebih dari jumlah itu, mengantisipasi bila ada ganda. Setelah semua terkumpul baru kami ke KPU," tandas Mila.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved