Fikrah

Keluarga Bebas Penyalahgunaan Narkoba

NABI Muhammad SAW dibangkitkan sebagai nabi dan rasul di tanah Arab, 610 M pada suatu masa yang dililit kemerosotan moral yang luar biasa

banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
KH Husin Naparin 

KH Husin Naparin
BANJARMASINPOST.CO.ID - NABI Muhammad SAW dibangkitkan sebagai nabi dan rasul di tanah Arab, 610 M pada suatu masa yang dililit kemerosotan moral yang luar biasa, disebut zaman Jahiliyah. Jahiliyah di sini bukan terambil dari akar kata jahl, yang berarti bodoh sebagai kebalikan dari cerdas; tidak, tetapi terambil dari kata jahl yang berarti tidak bermoral.

Permusuhan dan perkelahian pada masa itu gampang terjadi hanya karena masalah sepele, bahkan pertumpahan darah melibatkan banyak korban manusia. Menurut Dr Syauqy Dhaif, seorang ahli sejarah bangsa Arab dalam bukunya Al-Ashrul-Jahily, ada tiga ciri menonjol menandai zaman jahiliyah.

Pertama, kebiasaan bermabuk-mabukan minuman keras (khamr). Kedua, memperlakukan wanita tidak pada proporsi yang sebenarnya, wanita diperjualbelikan untuk pemuas nafsu seks para lelaki, zina sebagai kebiasaan. Ketiga, hidup menumpuk materi;cara untung-untungan (judi).

Hal ini terus diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, sehingga jahiliyah bisa terjadi pada zaman now, diistilahkan “jahiliyah modern”. Dari kebiasaan ini muncul penyakit masyarakat lainnya seperti pencurian, perampokan, pembunuhan dan lain-lain.

Islam mengharamkan semua bentuk kejahatan tersebut, menutup pintu serapat-rapatnya dengan syari’at (aturan) nya yang sempuna, diistilahkan oleh Imam Asy-Syatiby dengan Al-Maqashid Al-Khamsa:

Pertama, memelihara jiwa, hukum qishas.

Kedua, memelihara akal dan pikiran, diharamkan mengkonsumsi khamr dan sesuatu yang memabukkan,

Ketiga, memelihara keturunan, disyari’atkan nikah dan diharamkannya zina.

Keempat, memelihara harta, disyari’atkan jual-beli dan diharamkannya riba.

Kelima, memelihara kehormatan, diharamkan gibah, cela-mencela dan keburukan akhlak lainnya.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved