Berita HST

Pemkab HST Gelar Sosialisasi Penyuluhan Hukum, Hindari Penyalahgunaan Anggaran

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai melalui Bagian Hukum Setda mengadakan Sosialisasi /penyuluhan Hukum tentang Pemberantasan

Pemkab HST Gelar Sosialisasi Penyuluhan Hukum, Hindari Penyalahgunaan Anggaran
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi uang hasil korupsi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai melalui Bagian Hukum Setda mengadakan Sosialisasi /penyuluhan Hukum tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dan Peraturan Presiden RI Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang / jasa pemerintah, bertempat di auditorium Setda HST, belum lama tadi.

Bupati HST A Chairansyah, mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk memudahkan pelaksanaan anggaran. Sehingga tidak terjadi terhadap permasalahan hukum terutama pengadaan barang/jasa.

Menurutnya, pengadaan barang/jara merupakan pekerjaan yang sangat rentan dengan tindak pidana korupsi. Sehingga dengan adanya pengetahuan tentang Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 bisa diaplikasikan di HST.

Kejari HST Trimo, mengatakan dengan adanya sosialisasi Presiden Nomor 16 tahun 2018 diharapkan seluruh pemangku kepentingan terutama pengguna anggaran agar bisa bekerja dengan tenang dan sejuk tanpa ada rasa kegelisahan dan ketakutan.

Dia yakin kalau seluruh pengguna anggaran bisa memahami maka tugas yang diberikan bisa dilaksanakan dengan baik dan benar. Walaupun menurutnya dari data yang ada hampir 44 persen kasus korupsi dari kalangan birokrasi.

"Hal tersebut disebabkan karena aspek manusia, aspek administrasi maupun aspek sosial budaya. Ini yang dihindari," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved