Berita Banjarmasin

Serunya Festival Anak dan Remaja, Peserta Saling Unjuk Kreasi Dari Musik, Teater Hingga Tari

Unjuk kreasi di Festival Karya Anak dan Remaja, berlangsung di Taman Budaya Kalsel, Kayutangi, Banjarmasin itu memang meriah.

Serunya Festival Anak dan Remaja, Peserta Saling Unjuk Kreasi Dari Musik, Teater Hingga Tari
istimewa
Unjuk kreasi di Festival Karya Anak dan Remaja, berlangsung di Taman Budaya Kalsel, Kayutangi, Banjarmasin begitu meriah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berkembang, Cemerlang, Gemilang. Demikian tema Festival Karya Anak dan Remaja yang menampilkan ragam aksi anak muda dari Kalimantan Selatan.

Unjuk kreasi di Festival Karya Anak dan Remaja, berlangsung di Taman Budaya Kalsel, Kayutangi, Banjarmasin itu memang meriah.

SMKN 2 Banjarmasin menampilkan musik perkusi dan teater. SMAN 2 Kandangan main musik panting, penampilan dokumentasi, pemutaran film.

Adapula tari nusantara dari seluruh peserta. Penampilan dari Kampung Dongeng Intan yang menampilkan madihin dan mendongeng.

PKB Kuranji penampilan musik dan drama kolosal, sedangkan SKB Banjarmasin memainkan musikalisasi puisi.

Fakta Pria Sebut Bawa Bom di Pesawat Air Asia di Bandara Jogyakarta, Ternyata Ingin Goda Pramugari

Update Klasemen SEA Games 2019, Indonesia Peringkat Ke-2

Erick Thohir Pecat Dirut Garuda, Presiden Jokowi : Saya kira pesannya tegas sekali, Jangan Main-main

53 Siswa SMPN 4 Banjarbaru Kena Hepatitis A, Mereka Bisa Ulangan Susulan

Adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga menyelenggarakan Festival Karya Anak dan Remaja 2019 di Kalimantan Selatan.

Poerwanto, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, mengatakan, remaja menjadi penerus masa depan bangsa, karenanya perlu menanamkan nilai dan keteladanan serta kepercayaan untuk menyampaikan kreasi agar tidak terjerumus pada perbuatan negatif seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan lainnya.

"Untuk itulah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga menyelenggarakan Festival Karya Anak dan Remaja 2019 di Kalsel," ujarnya.

Bentuknya dengan beragam pentas seni, mulai tingkat SMA, SMK, PKBM, SKB dan rumah dongeng BKKBN.

Lanjutnya, melalui kegiatan ini menjadi momentum dunia pendidikan dan masyarakat yang menekankan keluarga menjadi salah satu institusi pendidikan sesuai Permendikbud nomor 30 tahun 2017.

Festival Karya Anak dan Remaja, berlangsung di Taman Budaya Kalsel
Festival Karya Anak dan Remaja, berlangsung di Taman Budaya Kalsel (istimewa)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, M Yusuf Effendi, mengatakan, kegiatan ini positif sebagai wadah dalam mengembangkan kreasi, sehingga ini menjadi kebiasaan untuk mengisi waktu kosong.

Selain penekanan pendidikan dari keluarga, direktorat pembinaan pendidikan keluarga juga memprogramkan dampingan psikologis anak, yaitu teman sebaya mereka untuk dapat mendengarkan keluh kesah atas permasalahan yang terjadi sebelum dikonsultasikan dengan psikolog.

Kalah 0-3 dari Semen Padang, Barito Putera Belum Lolos dari Degradasi

Dana Makan Minum Guru Pertengahan di Batola Cair Januari 2020, Perguru Dijatah Rp 3 Ribu

Akhirnya Tanggal Ahmad Dhani Bebas Terungkap, Eks Duet Maia Estianty, Mulan Jameela Persiapkan Ini

Suharyanto, Ketua Pokja Pen Keluarga Kreasi Anak Kalsel, mengatakan, selama 2019 yang mendapat bantuan dari BKKBN ada 5 kelompok.

"Yang mereka tampilkan di pameran ini adalah kreasi-kreasi mereka," tandasnya. (banjarmasinpost.co.id/salmah)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved