Berita Kalteng

Dulu Tinggal di Kawasan Padat, Kini Pindah ke NSD Kapuas, Warga Mengaku Tidur Lebih Nyenyak

Upaya pemerintah kurangi kawasan kumuh satu diantaranya dengan pengembangan perumahan baru atau New Site Development (NSD).

Dulu Tinggal di Kawasan Padat, Kini Pindah ke NSD Kapuas, Warga Mengaku Tidur Lebih Nyenyak
banjarmasinpost.co.id/m fadli setia rahman
Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor bersama Tim Project Review Mission Program NUSP-2 saat meninjau NSD Kabupaten Kapuas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Upaya pemerintah kurangi kawasan kumuh satu diantaranya dengan pengembangan perumahan baru atau New Site Development (NSD).

Hasil pembangunan NSD di Kabupaten Kapuas mulai dirasa manfaatnya oleh warga yang secara bertahap mulai pindah ke rumah yang dibangun oleh pemerintah itu.

Lokasi NSD di Handel Berkat Makmur, Jalan Pemuda, Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

Warga yang dulunya tinggal di kawasan padat dan kumuh, kini sebagian beralih ke kawasan permukiman yang nyaman di sana dengan melalui sejumlah proses.

Misal yang dirasakan, Ibu Liyanor yang semula tinggal di pemukiman padat tepi sungai di Jalan Kapuas atau kawasan Jembatan Bagong.

"Syukur Alhamdulillah bisa pindah ke sini. Rumahnya nyaman, tidur jadi nyenyak. Kalau rumah dulu, di Jembatan Bagong, berisik kalau ada kendaraan lewat, karena melintas di jembatan kayu yang panjang," kata Liyanor.

Keretakan Rumah Tangga Ussy Sulistiawaty - Andhika Pratama Jadi Isu Panas, Sohib Gading Jawab Ini

LIVE MOLA TV! Live Streaming TV Online Aston Villa vs Leicester, Siaran Langsung TVRI Liga Inggris

Move On dari Kekalahan Menyakitkan, Barito Putera Siap-siap Hadapi PSM Makassar Liga 1 2019

NSD Kabupaten Kapuas menjadi salah satu program Neighborhood Upgrading and Shelter Phase-2 (NUSP-2) yang bertujuan mengurangi luasan kumuh.

Kabupaten Kapuas merupakan salah satu dari 20 kota/kabupaten di 16 Provinsi di Indonesia yang mendapat program itu.

Juga satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang menerima bantuan untuk program tersebut dari Asian Development Bank (ADB).

Kepala Satker Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) Kabupaten Kapuas, Maria Zusana Natalestarie, mengatakan total pembangunan rumah di NSD berjumlah sebanyak 200 unit.

Halaman
123
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved