Bumi Sanggam

Jambore Kader Posyandu, TP PKK Balangan Serukan Peran Kader Posyandu Cegah Stunting

TP PKK Kabupaten Balangan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menggelar Jambore Kader Posyandu tingkat kabupaten tahun 2019

Jambore Kader Posyandu, TP PKK Balangan Serukan Peran Kader Posyandu Cegah Stunting
Dinas Kominfo Balangan
Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Nursidah Ansharuddin menyampaikan sambutan pada acara Jambore Kader Posyandu tingkat Kabupaten Balangan, Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - TP PKK Kabupaten Balangan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menggelar Jambore Kader Posyandu tingkat kabupaten tahun 2019.

Kegiatan bertajuk Melalui Jambore Kader Posyandu, Kita tingkatkan pemberdayaan dalam mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan menurunkan stunting, digelar di halaman Dinas Kesehatan, Sabtu (7/12/2019) kemaren.

Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Nursidah Ansharuddin mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan bagaimana tugas para kader PKK di setiap desa dalam menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan terhadap stunting.

"Kader posyandu ini nantinya bisa menjelaskan kepada masyarakat bagaimana pencegahan stunting, karena angka stunting di Kabupaten Balangan  sangat tinggi," katanya.

Nursidah juga menyarankan untuk setiap orangtua yang memiliki anak balita, diharapkan agar selalu memeriksa kesehatan tubuh pada anak tersebut.

"Setiap orang tua yang memiliki anak balita tolong dibawa ke posyandu, dicek imunisasinya lengkap atau tidak, dan juga imunisasi itupun untuk mencegah penyakit yang akan datang ke tubuh anak itu sendiri, sehingga dia memiliki kekebalan daya tahan tubuhnya," tambahnya.

Adanya jambore kader posyandu tersebut diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kecerdasan para kader sekaligus sebagai persiapan untuk mengikuti lomba di provinsi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Balangan, Ainun Faridah menambahkan, adanya pelayan posyandu yang maksimal dan baik, diharapkan masyarakat dapat meningkat kesehatan.

 "Terutama untuk ibu hamil, bayi dan balita didesa, dan sesuai dengan isu nasional mengenai pencegahan stunting," katanya.

Kegiatan yang diikuti oleh kader posyandu dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan tersebut disertai lomba penyuluhan, lomba menyusun menu PMT, lomba joget balon, lomba yel-yel, lomba penimbangan dan lomba cerdas cermat.(aol)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved