Bpost Cetak

Mengangkat Seni Budaya Banjar Lewat Youtube, Said Jola Kini Miliki 145 Ribu Subscriber

Berbagai cara bisa dilakukan untuk lebih mengangkat serta memperkenalkan seni budaya Banjar di era milenial saat ini. Misalnya menjadi youtuber

Mengangkat Seni Budaya Banjar Lewat Youtube, Said Jola Kini Miliki 145 Ribu Subscriber
BPost Cetak
Banjarmasinpost Edisi Minggu (8/12/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berbagai cara bisa dilakukan untuk lebih mengangkat serta memperkenalkan seni budaya Banjar di era milenial saat ini. Misalnya menjadi youtuber atau content creator, yang mengangkat konten berkaitan dengan seni budaya masyarakat Banjar.

Hal ini dilakukan seniman muda Banua yakni Said Jola, yang juga dikenal sebagai seniman madihin. Dia kini menjadi youtuber, selebgram bahkan content creator.

Melalui akun youtubenya yakni Said Jola, seniman berusia 25 tahun ini memuat konten berupa kesenian madihin bersama sejumlah rekan yang tergabung dalam Jhon Tralala (JT) Junior. Mereka juga membuat komedi berbahasa Banjar.

Setelah sekitar satu tahun menekuninya, akun youtube Said Jola melejit hingga memiliki 145 ribu subscriber. Said Jola mendapatkan penghargaan youtube karena keberhasilannya mencapai 100 ribu subscriber pada Agustus 2019.

Menang 4-2 dari Myamar, Selangkah Lagi Indonesia Akhiri Puasa Emas

Hattrick Lione Messi Menangkan Laga Barcelona Vs Real Mallorca 5-2, Puncak Klasmen Milik Blaugrana

Rayakan Hari Saraswati, Umat Hindu di Banjarmasin Bersihkan Pura dengan Macaru

Ini yang Dilakukan Petugas Pemadam Kebakaran di Martapura Sehingga Api Tidak Meluas

Kepada BPost, Said Jola mengatakan salah satu misinya menjadi youtuber dan content creator adalah memperkenalkan seni budaya Banjar secara lebih luas.

“Akun youtube saya sebenarnya sudah ada sekitar tiga tahun lalu. Namun baru satu tahun terakhir fokus mengelolanya. Tujuan saya ingin agar seni madihin dan juga bahasa Banjar lebih dikenal luas, karena itu juga sudah menjadi sebuah kewajiban saya. Dan saya pun memanfaatkan media sosial untuk lebih memperkenalkannya,” katanya.

Said Jola memiliki sebuah keyakinan bahwa ke depannya bahasa Banjar tidak kalah populer dibandingkan bahasa dari daerah lainnya.

“Saya yakin misalnya 10 atau 20 tahun ke depan, bahasa Banjar akan sangat dikenal. Apalagi Kalimantan akan menjadi ibu kota negara,” jelasnya.

Disinggung mengenai penghargaan yang didapatnya dari youtube, Said Jola pun mengaku hal ini menjadi semacam suntikan motivasi.

Heboh Video Viral Pesawat Garuda Angkut Ferrari, Direksi Sebut Kargo Legal

Erick Thohir Copot Lagi Tiga Direksi Garuda, Ada di Pesawat Penyelundup Harley

Derbi Manchester Milik Manchester United, The Red Devils Menangi Laga Lawan Manchester City 2-1

“Alhamdulillah bangga pastinya ada, dan ini juga berkat dukungan dari masyarakat di Banua juga. Insya Allah dengan adanya penghargaan yang didapat, akan memotivasi saya agar terus konsisten,” kata seniman kelahiran Desa Tabudarat, Barabai pada 2 Maret 1994 ini.

Memiliki akun youtube dengan lebih dari 100 ribu subscriber membuat pundi rupiah Said Jola bertambah. “Kalau bagi saya sangatlah lumayan dan sangat menjanjikan. Sehingga selain bisa mengangkat seni budaya Banjar, juga bisa menjadi sebuah mata pencaharian juga,” katanya. (frans rumbon)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved