Berita Banjar

Program Serasi Mulai Sasar Rawa Lebak di Kertakhanyar, Begini Saran Pejabat Kementan RI

Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) 2019 di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel)berlanjut Desa Benuahanyar, Kertakhanyar.

Program Serasi Mulai Sasar Rawa Lebak di Kertakhanyar, Begini Saran Pejabat Kementan RI
istimewa/nove arisandi
SERASI - Kadis TPH Banjar HM Fachry (tengah) bersama dua pejabat Kementan RI dan undangan lain serta petani semangat melakukan penaburan benih unggul di lokasi program Serasi di Kertakhanyar, Kamis kemarin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pelan tapi pasti program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) 2019 di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), terus berjalan.

Bahkan sejak sekitar sebulan lalu, kegiatan penanaman mulai intens dilaksanakan. Kamis, 05/12/2019 giliran di wilayah Kecamatan Kertakhanyar yang dilakukan penanaman.

"Acara tanam padinya dilaksanakan di Desa Benuahanyar, Kecamatan Kertakhanyar," sebut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Horitukultura (TPH) Kabupaten Banjar HM Fachry,Minggu (08/12/2019).

Dikatakannya, penanaman padi tersebut dihadiri dua orang dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian RI yakni Nurlianie dan Risnawati.

Siswa SMKN Ini Bikin Sungai Gampa Kini Jadi Desa Digital, Websitenya Menarik dan Update Tiap HarI

Head to Head Timnas U-23 Indonesia vs Vietnam Final SEA Games 2019 Live RCTI, Jadi Batu Sandungan?

Lepas 10.000 Bibit Ikan di Dana Baruh Bahinu, Bupati Ansharudin : Jangan Tangkap Ikan Kecil

Kondisi Sebenarnya Ashanty Pasca Keluar RS Diungkap Ipar, Bentol Istri Anang Hermansyah Jadi Sorotan

Keduanya meminta semua pihak bersama-sama mendukung dan menyukseskan program Serasi.

Mereka menegaskan Serasi merupakan program besar untuk meningkatkan produktivitas padi melalui pemanfaatan sejuta potensi yang dimiliki lahan rawa.

"Kami merasa senang bisa bergabung dengan petani Banjar dan menyaksikan gerakan tanam padi unggul di sini sekaligus pengukuhan kelompok tani," ucap Nurlianie.

Ia berharap tingkat kemandirian kelompok tani (poktan) di Banjar makin mantap dan aktif. "Kami salut kepada para penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Bajar yang sangat bersemangat mendukung program-program pembangunan pertanian," tandasnya.

Nurlianie berpesan kepada para PPL untuk kembali mengoptimalkan tugas dan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di kecamatan. Hal ini karena BPP merupakan garda terdepan dalam pembangunan pertanian. Jadilah PPL yang selalu dirindukan para petani.

Selain acara gerakan tanam padi di lokasi serasi tersebut juga dilaksanakan pengukuhan kelompok tani di Kecamatan Kertakhanyar oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar HM Fachry.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved