Berita Banjar

Puskesmas Martapura 1 Ramah Lansia, Begini Suasana dan Fasilitasnya

Tak cuma anak-anak dan dewasa, pasien yang datang juga dari kalangan lanjut usia (lansia).

Puskesmas Martapura 1 Ramah Lansia, Begini Suasana dan Fasilitasnya
banjarmasinpost.co.id/idda royani
LANSIA - Perawat Puskesmas Martapira 1 ramah melayani pasien lansia di poloknik khusus lansia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kunjungan pasien di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Martapura 1, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), kian meningkat.

Tak cuma anak-anak dan dewasa, pasien yang datang juga dari kalangan lanjut usia (lansia).

Puskesmas yang terletak di tengah Kota Martapura di Jalan Puskesmas tersebut memang telah ditetapkan sebagai puskesmas ramah lansia di Kabupaten Banjar. Ada fasilitas khusus yang disediakan untuk lansia.

Selain ruangan khusus atau poliklinik lansia, fasilitas penunjang lainnya yang telah ada antara lain hand rell. "Juga ada kursi tunggu khusus dan ruang poli yang telah terpisah dari poli lainnya," sebut Kepala UPT Puskesmas Martapura 1 dr Hj Siti Nurmah Megawati, Minggu (08/12/2019).

Singgung Soal Jebol, Sebab Rezky Aditya, Suami Citra Kirana Takut Punya Anak Perempuan Terbongkar

Bocah Ini Dipercaya Reinkanasi Dewa Hanuman, Punya Ekor dan Berprilaku Seperti Kera

Ashanty Masuk Rumah Sakit Lagi Jadi Ketakutan ART Anang & Ibu Aurel Hermansyah, Ini Sebabnya

Rayuan Luna Maya ke YouTuber Ini Bikin Raffi Ahmad & Nagita Begini, Pengganti Ariel NOAH & Reino?

Toilet bagi pasien lansia juga telah dipapasang, termasuk pegangan untuk lansia. Kloset pun telah diganti yang berdesain duduk sehingga nyaman bagi lansia karena bukan kloset jongkok.

Pantauan banjarmasinpost.co.id di poliklinik lansia, dua hari lalu, petugas medis setempat melayani secara ramah. Pasien tak antre lama, beberapa menit duduk di kursi tunggu, langsung dipanggil masuk ke poli melalui pelantang.

Perawat menyambut secara ramah di depan pintu dan membimbing pelan pasien masuk ke dalam. Selanjutnya ditimbang berat badan dan diukur tinggi badan. Berikutnya dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan lainnya.

Beberapa belas menit berselang, pasien lansia laki-laki itu pun ke luar ruang poli dengan senyum mengembang di bibirnya. "Alhamdulillah masih lumayan baik-baik saja (kesehatan), tidak ada yang terlalu mengkhawatirkan," ucapnya kepada anggota keluarganya yang menanti di luar ruangan.

Nurmah mengatakan saat ini pihaknya sedang mengusulkan perluasan puskesmas agar ruang tunggu bisa makin nyaman. Dengan begitu predikat sebagai puskesmas santun (ramah) lansia dan puskesmas responsif gender bisa dilaksanakan secara totalitas.

Selain itu pihak Puskesmas Martapura 1 juga berharap dibangunkan IPAL karena hingga saat ini belum punya.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved