Mitos di Masyarakat Banjar

Agar Tak Diganggu Makhluk Halus di Tempat Tak Dikenal, Saat Buang Air Kecil Harus Bilang Begini

Maka, diingatkan orangtua jika mau buang air di tempat yang tak dikenal, bilang dulu atau permisi agar mahluk tak kasat bisa menjauh.

Agar Tak Diganggu Makhluk Halus di Tempat Tak Dikenal, Saat Buang Air Kecil Harus Bilang Begini
istimewa
Surya, warga Pemurus Dalam Banjarmasin dingatkan orang tua dulu untuk mengucapkan permisi saat buang air kecil di tempat yang tidak dikenal 

BANJARMASINPOST CO.ID - Orang tua zaman dulu sering menasihati terhadap anak-anak bahwa jangan buang air kecil sembarangan. Sebab bisa mengundang celaka.

Maka, diingatkan orangtua jika mau buang air di tempat yang tak dikenal, bilang dulu atau permisi agar mahluk tak kasat bisa menjauh.

Surya, warga Pemurus Dalam, Banjarmasin, ia masih ingat peringatan para orangtua tersebut. Dan sampai sekarang masih ia patuhi.

"Larangan pipis di sembarang tempat itu antara lain di pohon, semak, atau bangunan kosong. Kalau kita nekat, akibatnya serius," ungkap Surya.

Mahasiswi Universitas Bengkulu Ditemukan Terkubur di Belakang Kosan, Penjaga Kost Menghilang

Kelakuan Mulan Jameela Jelang Kebebasan Ahmad Dhani. Eks Rekan Duet Maia Estianty Nekat Lakukan Ini

Hindarkan Anak dari Sawan, Masyarakat Banjar Percaya Pakaikan Gelang Ini

BREAKING NEWS: Hilang dari Rumah, Bocah Desa Katingan Hulu Ditemukan Tewas Tanpa Kepala

Air seni bisa dianggap mengganggu penghuni gaib yang bisa membawa konsekuensi. Misalnya kena sial, celaka, atau bahkan diikuti mahluk halus.

Adapun kalimat permisi itu dalam bahasa Banjar yaitu; umpat lalu lah datu. Bisa juga; maaf, datu, bajauhan satumat, kami handak umpat bakamih.

Apalagi di bawah pohon, sambung Surya, karena beberapa pohon tertentu ada penghuninya. Jadi jika tidak ada toilet, jangan jadikan pohon sebagai tujuan utama untuk buang air kecil.

Sementara menurut Siti Maryam, memang kadang kita tak tahan atau kebelet kemudian karena tak ada toilet bergegas buang air di tempat terbuka namun terlindung, seperti halnya pohon.

Pulih dari Cedera, Pemain Barito Putera ini Siap Tampil Lawan PSM

Diduga Orangtua Bayi yang Baru Berusia 40 Hari itu Warga Desa Padang Luas Kurau

Penampakan Ikan Oarfish Bikin Heboh, Dipercaya Pertanda Gempa dan Tsunami, Faktanya Versi Ilmuwan

"Selain itu secara logika, air seni itu bau dan bisa mengganggu orang lain. Sering kencing sembarangan adalah perbuatan jorok," terangnya.

"Jika misal ada yang buang air sembarangan dan terjadi gangguan gaib, misal diri merasa diikuti sesuatu hang aneh, sebaiknya segera melakukan ruqyah, agar mahluk halusnya kabur," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved