Berita Banjarmasin

Warga Sungai Jingah Senang Ada Filtrasi Air Bersih Bantuan Dosen dan Peneliti Teknik ULM

Warga Sungai Jingah, Kelurahan Surgi Mufti Banjarmasin, senang dengan filtrasi air bersih yang dilaksanakan Program Kemitraan Masyarakat Dosen

Warga Sungai Jingah Senang Ada Filtrasi Air Bersih Bantuan Dosen dan Peneliti Teknik ULM
Peneliti Teknik ULM untuk Banjarmasin Post
Peneliti Teknik ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga Sungai Jingah, Kelurahan Surgi Mufti Banjarmasin, senang dengan filtrasi air bersih yang dilaksanakan Program Kemitraan Masyarakat Dosen dan Peneliti Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

"Kami sangat senang dengan adanya alat ini. Hal ini disebabkan ketika alat sudah dicoba, air yang keluar dari hasil filtrasi tersebut sangat bersih dan tidak berbau sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari," kata Ardiansyah, tokoh masyarakat setempat.

Apalagi, lanjut Ketua RT 03 Sungai Jingah ini, hasil uji air filtrasi tersebut memenuhi semua persyaratan air minum.

"Ini semakin antusias akan adanya alat tersebut sebagai salah satu sumber suplai air bersih di daerahnya," tegas Ardiansyah.

Melalui Program Kemitraan Masyarakat, Dosen dan Peneliti Teknik ULM mempersembahkan sebuah alat memfiltrasi air yang ada di daerah Sungai Jingah dengan memanfaatkan batang kelapa dan arang.

Pria Amerika Gebetan Luna Maya Disebut Raffi Ahmad, Ada Pria Selain Ryochin Dekat Eks Ariel NOAH?

Kelakuan Mulan Jameela Jelang Kebebasan Ahmad Dhani. Eks Rekan Duet Maia Estianty Nekat Lakukan Ini

Pelukan Erat Syahrini pada Pria Ganteng Selain Reino Barack, Incess Malah Dibilang Sombong

Melalui Program Kemitraan Masyarakat, Dosen dan Peneliti Teknik Universitas Lambung Mangkurat, Lailan Ni`mah, Ratni Nurwidayati, dan Agus Suryani mengaplikasikan Teknologi filter atau penyaringan sederhana untuk membuat air bersih, berlokasi di daerah Sungai Jingah.

Menurut Ketua Penelitian Teknik ULM, Lailan Ni`ma, Senin (9/12/2019), bagi masyarakat Sungai Jingah, air merupakan sebuah komponen utama dalam rantai kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

Dalam kehidupan masyarakat sebelum masuknya air PDAM, air sungai bukan hanya digunakan sebagai sarana MCK, akan tetapi juga untuk air minum.

Namun, jelas dia, dengan perkembangan zaman dan teknologi, pencemaran sungai semakin meninggi, ditambah lagi populasi manusia serta banyak penduduk yang mendiami daerah pinggiran sungai, sehingga semakin meningkatnya limbah rumah tangga.

Selain itu, PDAM yang diharapkan untuk menjadi solusi, ada waktu-waktu tertentu dimana pasokan air akan berkurang, bahkan terhenti.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved