Berita Balangan

Diskominfo Balangan Berencana Buat Surat Edaran Tentang Keamanan Informasi dan Sertifikat Elektronik

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan berencana menyampaikan surat edaran dari Bupati Balangan

Diskominfo Balangan Berencana Buat Surat Edaran Tentang Keamanan Informasi dan Sertifikat Elektronik
Diskominfo Balangan
Kominfo Balangan menggelar sosialisasi keamanan informasi dan sertifikat elektronik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan berencana menyampaikan surat edaran dari Bupati Balangan. Surat tersebut berisikan tentang keharusan pelaskanaan atau penerapan sertifikat elektronik pada instansi yang berhubungan dengan masyarakat.

Rencana tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Insfrastruktur E Goverment Dinas Kominfo Kabupaten Balangan, Surya Dharma pasca adanya Sosialisasi Keamanan Informasi dan Sertifikat Elektronik yang digelar oleh SKPD tersebut.

Surya Dharma mengatakan tujuan dari sosialisasi tersebut untuk memberikan edukasi kepada kepala SKPD atau instansi. Khususnya mengenai bagaimana pentingnya keamanan informasi pada suatu instansi.

"Selain itu, tujuan dari penerapan sertifikat elektronik adalah bagian dari pelaksanaan peraturan pemerintah sebagai suatu keharusan," ucap Surya.

Istri Ngamuk, Suami Setubuhi dan Mau Nikahi Putrinya yang Sedang Hamil, Ini 5 Fakta Kasus Ayah Bejat

Kekecewaan Nabila Syakieb pada Citra Kirana yang Nikahi Rezky Aditya, Shireen Sungkar Ucap Istigfar

Jadwal Live Liga Champion Matchday 6 di SCTV Malam Ini, Ada Bayern Munchen vs Tottenham Hotspur

Hal senada juga disampaikan oleh Kasi Keamanan Informasi dan Persandian, Dinas Kominfo Kabupaten Balangan, Febtika Reysne.

Jelasnya tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi mengenai sertifikasi surat elektronik tersebut yakni setiap SKPD atau instansi yangg ada di Balangan diwajibkan bisa menerapkan sertifikat elektronik. Khususnya dalam setiap kegiatan untuk menjaga keamanan informasi dari SKPD atau instansinya.

Pranata Komputer Diskominfo Kalsel Abdul Hafizh berperan sebagai narasumber pada sosialisasi tersebut. Ia memaparkan perihal kesadaran, peran dan keamanan informasi pada pemerintah daerah. Di antaranya memberikan pemahaman mengenai penyadapan serta asal-usul hoax diwebsite.

Selain itu, ia juga menyampaikan bagaimana penerapan sertifikat elektronik di pemerintah daerah.

Dalam paparannya, Hafizh menerangkan dampak dari kurangnya keamanan informasi pada perangkat, dapat membuat pelayanan informasi menjadi lambat. Dampak lainnya yakni overload proses, bahkan perangkat bisa saja mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, dampak lainnya yakni bisa menimbulkan pencurian data, kemudian data yang bisa saja dirubah, serta mungkin untuk dihilangkan.

"Melalaui sosialisasi tersebut diharapkan peserta dapat memahami apa yang harus dilakukan dalam penerapan sertifikat elektronik dan diharapkan dapat meningkatkan keamanan informasi dimasing-masing SKPD," ucap Hafizh.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved