Breaking News:

BIsnis

Harga Bawang Merah Rp 30 Ribu Bawang Putih Rp 28 Ribu, Harga Sembako Normal Jelang Akhir Tahun 2019

Harga Bawang Merah Rp 30 Ribu Bawang Merah Rp 28 Ribu, Harga Sembako Normal Jelang Akhir Tahun 2019

Penulis: Mariana | Editor: Royan Naimi
banjarmasinpost.co.id/mariana
Pedagang bawang di Pasar Sentra Antasari layani pembeli, Rabu (11/12/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memasuki pekan kedua Desember 2019, sejumlah harga bahan pokok di pasar tradisional Banjarmasin rata-rata masih relatif normal.

Salah satu komoditas yang sempat melambung di pertengahan tahun tadi yakni bawang putih dan bawang merah justru harganya berangsur-angsur turun.

Dijelaskan, pedagang bawang Pasar Sentra Antasari, Junaidi, ketersediaan stok bawang merah dan bawang putih di tempatnya memadai hingga akhir Desember nanti.

"Harga bawang merah saat ini Rp 30.000 per kg, dan bawang putih Rp 28.000 per kg. Sebenarnya harga naik turun (fluktuatif) di kisaran Rp 25.000-30.000. Setiap dua hari sekali berubah-ubah harganya tergantung harga di tingkat agen," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (11/12/2019). 

Enam Instalasi Pamsimas di Desa Puntik Luar Kabupaten Batola Mubazir, Sejak 2012 Silam Diresmikan

Kekecewaan Nabila Syakieb pada Citra Kirana yang Nikahi Rezky Aditya, Shireen Sungkar Ucap Istigfar

Mobil Disita, Nikita Mirzani Ngamuk & Tampar Sosok Ini di Depan Billy Syahputra, Nunggak Pembayaran?

Sebab Wajah Lesu Ashanty Akhirnya Terbongkar, Istri Anang Hermansyah Beberkan Fakta Sebenarnya

Diakuinya daya beli konsumen relatif stagnan cenderung sepi. Sejumlah pelanggan di tempatnya sebagian tidak lagi berlangganan, karena memilih membeli langsung dari Surabaya.

Beberapa pengusaha rumah makan memutuskan tidak membeli bawang di tempatnya lagi, padahal dulu pelanggannya hingga wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) seperti Palangkaraya dan Sampit.

"Saat ini yang beli kebanyakan untuk keperluan rumah tangga saja, belinya per kg, setiap hari tidak menentu pernah sehari cuma laku 5 kg," ceritanya.

Sementara itu, komoditas lainnya yang menjadi primadona yakni daging ayam ras potong. Berbanding terbalik dengan bawang, pedagang daging ayam potong, Asma mengatakan, permintaan daging ayam ras terus alami grafik meningkat hingga saat ini.

"Harga ayam ada kenaikan tipis, per kg dibanderol Rp 30.000 naik sekitar Rp 2.000 dari harga sebelumnya dua pekan lalu. Selama akhir tahun ini pembeli semakin banyak diperkirakan akhir Desember akan terus bertambah konsumsinya karena untuk acara," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk harga yang ditawarkannya variatif tergantung ukuran satu ekor ayam. Yang berukuran kecil hingga sedang dibanderol Rp 26.000-30.000, sedangkan ayam berukuran besar seharga Rp 35.000-45.000.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved