Serambi Mekkah

Kementerian PAN RB Berikan Penghargaan Bergengsi Ini Pada Pemkab Banjar

Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar kembali mendapat penghargaan

Kementerian PAN RB Berikan Penghargaan Bergengsi Ini Pada Pemkab Banjar
Kominfo Kabupaten Banjar
Kadis Kominfo Banjar HM Farid Soufian (kedua kanan) ceria berpose bersama jajaran bawahannya seusai menerima penghargaan dari KemenPAN RB, Senin (9/12) malam, di Jakarta. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) .

Pemkab Banjar masuk Top 30 dari total peserta kompetisi SP4NLAPOR! 2019 yang jumlahnya mencapai 312 instansi. Peserta terdiri atas 187 pada kategori lnstansi Pemerintah Penyelenggara Pengaduan Pelayanan Publik dan 165 pada kategori Unit Pelaksana Pelayanan.

Kompetisi tersebut kian menguat eksistensinya. Hal ini setidaknya terukur dari jumlah kepesertaan yang mengalami peningkatan hingga 92,5 persen. Tahun lalu (2018) jumlah peserta yang mengikuti hanya 162 instansi.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo secara langsung menyerahkan penghargaan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2019 tersebut. Pejabat yang mendampinginya yakni Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Diah Natalisa.

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Dr Ir Farid Soufian MS pada malam penganugerahan di Jakarta, Senin malam (09/12/2019).

Pada malam penganugerahan itu, LAPOR-SP4N Kabupaten Banjar tembus Top 30. "Bahkan kita berada pada urutan Top 22 setelah menyisihkan ratusan instansi lainnya,” sebut Farid didampingi Kabid Pengeloaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Statistik dan Persandian Kab. Banjar Dr Eddy Elminsyah Jaya SH SE SPi MS.

Farid mengatakan tata kelola aduan LAPOR-SP4N di Kabupaten Banjar prosesnya memang cukup tinggi. Hal ini karena pola aduan berbasis media sosial (medsos) dan smartphone android.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Bupati Banjar diwakili Kadis Kominfo Banjar HM Farid Soufian di Jakarta, Senin (9_12) malam. Pemkab Banjar masuk Top 30 kompetisi SP4NLAPOR! 2019.,
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Bupati Banjar diwakili Kadis Kominfo Banjar HM Farid Soufian di Jakarta, Senin (9_12) malam. Pemkab Banjar masuk Top 30 kompetisi SP4NLAPOR! 2019., (Kominfo Kabupaten Banjar)

“Kita memberikan layanan kemudahan, kecepatan dan akurasi dalam menyampaikan aduan. Prosesnya cepat, hanya butuh lima menit saja aduan sudah sampai ke instansi berwenang untuk penyelesaiannya, saat ini admin LAPOR-SP4N ada di Dinas Kominfo Kabupaten Banjar,” jelas Farid.

Pejabat eselon II di Bumi Barakat ini menuturkan sosialisasi aplikasi LAPOR-SP4N terus diintensifkan. Kegiatan sosialisasinya digencarkan ke kantor kecamatan, juga bimtek dengan berbagai komunitas, media sosial dan berbagai kanal yang lainnya.

Diharapkan seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Banjar mengetahui dan dapat mamanfaatkan aplikasi aduan tersebut. Jadi, secara nyata masyarakat terlayani secara cepat terhadap berbagai masalah publik yang membutuhkan hadirnya pemerintah untuk memberikan solusi layanan prima kepada rakyat.

Halaman
123
Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved