Serambi Mekkah

Tangkal dan Tangani Kebencanaan, Sekda Banjar Minta Pihak Terkait Lakukan Hal Ini

Tangkal dan Tangani Kebencanaan, Sekda Banjar Minta Pihak Terkait Lakukan Hal Ini

Tangkal dan Tangani Kebencanaan, Sekda Banjar Minta Pihak Terkait Lakukan Hal Ini
MC KOMINFO BANJAR
Suasana rakor antisipasi kebencanaam di Aula Barakat, Rabu (11/12/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar HM Hilman membuka Rapat Koorddinasi (Rakor) Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir, Tanah Longsor, dan Angin Puting Beliung Kabupaten Banjar, Rabu (11/12/2019).

Rakor tersebur digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBB) Kabupaten Banjar di Aula Barakat di lingkup kantor Bupagi Banjar.

Selain Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar HM Irwan Kumar, sejumlah pejabat teras Pemkab Banjar juga hadir. Termasuk Dandim 1006/Martapura Letkol Siswo Budiarto dan stakeholder terkair lainnya.

Menghadapi musim penghujan saat ini Hilman mengimbau seluruh peserta rapat ikut bersatu padu dengan semangat gotong royong untuk menghadapi bencana. 

Suasana rakor antisipasi kebencanaan di Aula Barakat, Kabupaten Banjar.
Suasana rakor antisipasi kebencanaan di Aula Barakat, Kabupaten Banjar. (MC KOMINFO BANJAR)

Dikatakannya, kondisi geografis Kabupaten Banjar yang luas dan merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang memiliki tingkat kerawanan terjadinya bencana cukup tinggi. Terutama banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

"Melalui rakor ini diharapkan akan menghasilkan rumusan-rumusan terbaik dan perencanaan-perencanaan yang matang dalam mengatasi permasalahan, dalam menghadapi bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Kabupaten Banjar," ujarnya.

Langkah pencegahan dan penanganan dalam musim kemarau pun telah dilalui sebelumnya. Dalam antisipasi bencana di musim hujan ini juga akan dilaksanakan persiapan yang matang.

"Beberapa poin penting yang perlu diutamakan yaitu kelancaran komunikasi dari wilayah rawan bencana, kemudian juga bantuan seperti tempat pengungsian dan bahan makanan," pungkas Hilman. (aol/*)

Penulis: Idda Royani
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved