Berita Tabalong

Pertamina Optimalkan Sumur Suspend di Desa Kambitin Tanjung, Terapkan Teknologi EOR.

PT Pertamina tahun ini melakukan upaya penambahan sumur eksplorasi baru di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung.

Pertamina Optimalkan Sumur Suspend di Desa Kambitin Tanjung, Terapkan Teknologi EOR.
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Asisten Manager Engineering and Planning Athur Satoto Bakar membeberkan rencana PT Pertamina untuk mengaktifkan kembali sumur minyak di Desa Kambitin, Tanjung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – PT Pertamina tahun ini melakukan upaya penambahan sumur eksplorasi baru di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung. Hanya saja, untuk mengetahui potensi berapa besar jumlah minyak yang ada dibawah tanah masih perlu waktu.

Asisten Manager Engineering and Planning Athur Satoto Bakar mengatakan untuk sumur eksporasi di Desa Kambitin memang cukup rumit karena kualitas minyak yang lebih kental sehingga perlu pencampuran bahan kimia terlebih dahulu.

Berbeda dengan beberapa sumur eksploitasi lain yang menggunakan sistem terkini yaitu Enhanced Oil Recovery (EOR).

Hal ini disampaikan saat acara Media Ghatering dengan anggota Persatian Wartawan Indonesia (PWI), Kamis (12/12/2019).

Ini peta jalur Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul yang Resmi

HSS Jadwalkan 16 Desember Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS, Empat Formasi Tanpa Pelamar

Heboh Pernikahan Cut Tari dan Richard Kevin Sore ini, Ini 5 Fakta Kisah Cintanya Hingga Pelaminan

HUT ke-29 PDAM Kapuas, Jadi Momentum Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat

Pertamina juga tengah berupaya untuk kembali melakukan eksplorasi pada sumur suspend yang telah berkurang hasil produksi minyaknya bahkan di non aktifkan dan kembali diupayakan dengan teknologi EOR.

Dikutip dari Pertamina.com EOR adalah metode perolehan minyak tahap lanjut dengan cara menambahkan energi berupa dari material atau fluida khusus yang tidak terdapat dalam reservoir minyak.

Umumnya, EOR diterapkan pada lapangan yang telah cukup lama diproduksikan (mature field) dengan tujuan mengambil minyak tersisa yang tidak dapat diproduksikan dengan metode perolehan primer dan sekunder (water flooding).

Beberapa teknik EOR yang banyak dikenal hingga saat ini adalah injeksi uap panas (steam flooding), injeksi kimia (chemical flooding), dan injeksi gas (gas flooding).

“Perlu waktu untuk bisa mengetahui seberapa besar sebenarnya potensi dari beberapa sumur eksploitasi, termasuk yang ada di Desa Kambitin,” ujarnya. Untuk di wilayah Tanjung sendiri terdapat 183 titik eksploitasi yang tengah digarap Pertamina PE.

Belum lama ini Pertamina PE juga ikut andil dalam mempercantik Tabalong dengan pemasangan lampu pada Tugu Tanjung Puri atau biasa dikenal dengan tugu obor.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved