Berita Batola

Setiap Hari Goreng Singkong, SDN Berangas Barat 2 Batola Gembira Dana Makan Minum Cair, Tanggalnya?

Guru PNS dan honor di SDN Berangas Barat 2, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola, gembira bukang kepalang. Mereka benar-benar merasa terbantu

Setiap Hari Goreng Singkong, SDN Berangas Barat 2 Batola Gembira Dana Makan Minum Cair, Tanggalnya?
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
KABID Pembinaan SD Dinas Pendidikan, Nuryadi memperlihatkan petunjuk teknis (juknis) dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terbaru No 3 tahun 2019 dan juknis BOS tahun 2018. Dalam juknis baru tersebut, tidak disebutkan lagi penganggaran dana makan dan minum harian sekolah dari dana BOS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Guru PNS dan honor di SDN Berangas Barat 2, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola, gembira bukang kepalang. Mereka benar-benar merasa terbantu karena pada pertengahan Januari dana makan minum harian dari APBD Batola cair pertengahan Januari 2020 mendatang.

“Iya baik guru PNS dan honor di SDN kami gembira. Pemkab Batola memberi perhatian, untuk dana makan minum harian. Insya Alloh cair pertengahan Januari 2020,”kata Kepsek SDN Berangas Barat 2 Kecamatan Alalak Kabupaten Batola, Siswanta, Kamis (12/12/19).

Menurut Siswanta, informasi terakhir dari dinas pendidikan per satu guru akan mendapatkan dana makan minum harian Rp3.500. Uang tersebut bisa membeli satu wadai dan satu gelasteh untuk bekal mengajar guru.

FAKTA Haul Guru Sekumpul 2019, Banyak Anak-anak Menangis Hingga Perlunya Indentitas Diri

Kualat Ucapan Ammar Zoni Jadi Penyebab Bayi Irish Bella Meninggal Dunia? Ibel Ingatkan Omongan Suami

Diskon Tembus hingga Rp 50 Juta, Burun Beli Mobil SUV Terbaru!

Selama ini, sambung Siswanta, guru PNS dan honor di SDN Berangas Barat 2, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola menjerit seiring terbitnya petunjuk teknis (juknis) No 3 tahun 2019 pada Maret silam tentang penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) dari kementrian pendidikan yang melarang biaya makan dan minum harian di sekolah jenjang SD dan SMP dari dana BOS.

Bahkan, saking paniknya dana minum dan makan harian sekolah dicoret dari dana BOS, Kepsek SDN Berangas 2 terpaksa menggoreng singkong agar para guru bisa mendapatkan makanan untuk mengganjal perut.

“Iya, saya kami mulai menggoreng singkong untuk mengganjal perut guru selama mengajar. Singkong kami bawa rumah. Guru lainya kadang bergantian membawa singkong. Langkah goreng-menggoreng ini kami lakukan setelah terbit juknis BOS No 3 tahun 2019 pada Maret silam yang melarang makan minum harian sekolah dianggarkan dari dana BOS ” kata Ketua kelompok kerja kepala sekolah (K-3S) SDN Se-Kecamatan Alalak Batola ini.

Menurut Siswanta, tak hanya singkong, di sela-sela mengajar guru juga menggoreng pisang dibalut tepung. Nah, agar ada variasi menu snack yang guru kadang juga menggoreng tahu dan tempe.

“Kami menggoreng sendiri singkong, pisang, tempe dan tahu agar murah dan irit. Kalau membeli goreng-goreng yang sudah matang kan mahal,” kata Siswanta.

Kepala Dinas Pendidikan Batola Sumarji, memastikan dana makan minum harian ribuan guru di kabupaten setempat sebesar Rp3,1 miliar akan dicairkan pada pertengahan Januari 2020 mendatang. Diperkirakan satu guru baik PNS dan guru honor akan mendapatkan jatah Rp3 ribu per hari untuk membeli satu gelasteh dan wadai.

“Satu guru dijatah Rp3 ribu untuk satu gelasteh dan satu wadai. Insya Alloh, cair pada pertengahan 2020 “ kata Sumarji.

(Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved