Berita Banjarmasin

Pantau Harga, Satgas Pangan Polda Kalsel Turun ke Pasar dan Temukan Harga dalam Kondisi Begini

Satgas Pangan Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Kalsel bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Dinas Perindustrian

Pantau Harga, Satgas Pangan Polda Kalsel Turun ke Pasar dan Temukan Harga dalam Kondisi Begini
Banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
Satgas pangan polda dan dinas terkait pantau harga di Pasar Antasari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Satgas Pangan Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Kalsel bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Dinas Perindustrian,dan Bulog turun langsung ke sejumlah pasar tradisional, Jumat (13/12/2019) oagi.

Pertama petugas gabungan turun ke Pasar Antasari dan Pasar Kalindo dan langsung melakukan sidak ke para pedagang daging dan telur. Disini petugas berbincang langsung dengan petugas tentang hara dan ketersedian bahan pokok tersebut.

Satu pedagang ayam Hj Sulah ketika ditanya Bpost mengungkapkan bahkan untuk harga ayam hari ini mengalami penurunan.

"Satu kilo Rp32 ribu, biasanya sampai Rp41 ribu," tuturnya saeraya mengatakan harga turun ini sejak satu minggu.

Buruan Pesan! Pre-order Samsung Galaxy Fold Dibuka Hari Ini, Harga Cuma Rp 30 Juta

Keganjilan Menstruasi Ashanty Muncul Saat di Korea, Istri Anang & Ibu Aurel Hermansyah Ungkap Ini

Beda dari Ayu Ting Ting & Shaheer Sheikh, Raffi Ahmad - Nagita Slavina Begini untuk Ultah Bos ANTV

Bagaimana harga per ekor? Menurutnya tergantung taksiran. Ia mencontohkan satu ayam ukuran sedang harganya saat ini Rp25 ribu per ekor.
"Kalau kemarin -kemarinn harganya seperti ini Rp33 ribu," ucapnya seraya mengatakan harga ayam turun karena ketersedian ayamnya cukup. Namun jika kosong tentunya harga menaik.

Sama seperti ayamn harga beras pun relatif stabil seperti unus Rp11 ribu per kilo. Menurut Burhanuddin untuk harga beras tergantung hasil panen dimana jika panen bagus harga pun stabil atau murah. Untuk unus nmor 2 harganya Rp10 ribu per kilo dan siam Rp9 ribu hingga Rp7,500.

Kasubdit I Indagsi AKBP H Suyitno mengungkapkan hari ini dari Satgas Pangan bersama dengan Dinas Perdangan, Kepala Bulog dan Kepala Dinas Peternakan melakukan pengecekan langsung ke lapangan.
" Sidak dimaksudlkan untuk mengetahui betul ketersedian bahan pokok dan bahan penting lainnya serta stabilitas harga," paparnya.

Pihaknya ingin menyakinkan masyarakat bahwa menjelang hari besar Natal dan Tahun Baru 2020, Insyaallah ketersedian barang pokok cukup dan harga tak mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Pertenakan dan Perkebunan Hj Suparmi mengatakan mengatakan untuk komuditas peternakan khususnya daging telur , daging sapi, ayam boiler stok aman dan saat mereka tinjau langsung e pasar harga pun stabil.

(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved