Berita Banjarmasin

Bagini Tips Memberikan Semangat Kepada Anak Ketika Menghadapi Lomba

Perlombaan merupakan salah satu momen yang tepat untuk mengajarkan kepada anak untuk menampilkan diri dan mengukur kemampuan yang ia miliki.

Bagini Tips Memberikan Semangat Kepada Anak Ketika Menghadapi Lomba
Istimewa
Rika Vira Zwagery Psikolog ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perlombaan merupakan salah satu momen yang tepat untuk mengajarkan kepada anak untuk menampilkan diri dan mengukur kemampuan yang ia miliki.

Namun, himbau Rika Vira Zwagery Psikolog ULM, orangtua perlu menjelaskan kepada anak bahwa pada hakikatnya mengikuti lomba bukan mengenai menang atau kalah, melainkan tentang bagaimana anak berani untuk menampilkan diri dan kemampuannya di depan orang lain.

Ketika berlomba, orangtua perlu mendorong anak untuk menampilkan yang terbaik sesuai dengan kemampuannya bukan memaksa anak untuk menjadi pemenang dari perlombaan tersebut.

Untuk menghadapi kemenangan dan kekalahan, orangtua dapat membantu anak memahaminya dengan memberikan penjelasan bahwa akan ada pemenang dan yang kalah dalam sebuah perlombaan.

Pede, Mourinho Berkoar-koar Bisa Bawa Tottenham Finis di Empat Besar Musim Ini

Penikmat Kopi Kian Menjamur Jadi Peluang Emas Bagi Petani Kalsel, Mahasiswi Ini Beri Saran Begini

Nasib Transfer Takumi Minamino ke Liverpool Tergambar dari Candaan Klopp ke Wartawan Jepang

Menurut Rika, kekalahan seringkali menimbulkan kekecewaan bagi anak sehingga dibutuhkan peran orangtua untuk membantu anak bangkit dari kekecewaan, misalnya dengan memberikan semangat dan penjelasan kepada anak.

Rika Vira Zwagery Psikolog ULM
Rika Vira Zwagery Psikolog ULM (Istimewa)

Sebelum berlomba, orangtua juga perlu menjelaskan kepada anak Bahwa akan ada kemungkinan untuk mengalami kekalahan agar anak dapat menyiapkan mentalnya terlebih dahulu.

"Orangtua hendaknya tetap memberikan pujian kepada anak tentang penampilannya agar tetap menjaga kepercayaan dirinya," tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved