Kisah Unik Baayun Maulid Tapin

Gelaran Akbar Baayun Maulid di Kabupaten Tapin Ini Libatkan Tujuh Kepala Desa

Tradisi adat budaya Baayun Maulid di Desa Banua Halat Kiri, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu

Gelaran Akbar Baayun Maulid di Kabupaten Tapin Ini Libatkan Tujuh Kepala Desa
Humas Pemkab Tapin
Ketua PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan Baayun Maulid. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Tradisi adat budaya Baayun Maulid di Desa Banua Halat Kiri, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (9/11/2019) sukses terlaksana.

Ribuan peserta bersama kerabatnya tumpah ruah memenuhi kawasan cagar budaya, Masjid Al Mukarramah.

Akses jalan aspal terasa sempit karena penuh sesak masyarakat yang ingin melihat ritual Baayun Maulid.

Baayun Maulid itu dimulai saat kegiatan pembacaan salawat Nabi Muhammad Saw dikumandangkan Sayyid Ahmad Hanafi Hariri Bahasyim dari Martapura di ruang induk Masjid Al Mukarramah.

Layani Pendaftar Baayun Maulid di Tapin Secara Online, Secera Manual Saja Ada Ribuan Peserta

Blak-blakan Inul Daratista Soal Oplas yang Dituduhkan Kepadanya, Teman Ayu Ting Ting Sebut Ini

Nyanyian Sang Penggoda Ashanty, Luna Maya & Aurel, Pas Setahun Kisah Syahrini Tikung Reino Barack

Serentak semua peserta Baayun Maulid, anak -anak dan dewasa menempati ayunan yang mereka. Sebagian besar peserta anak-anak sudah diayun orangtuanya sebelum pelaksanaan puncak acara Baayun Maulid.

Wakil Ketua Pelaksana Baayun Maulid di Desa Banua Halat Kiri, Padlan mengaku total peserta Baayun Maulid, 4.960 orang. Itu terdiri dari 1.614 anak-anak dan 3.346 dewasa.

Menurut Padlan, peserta termuda berusia 12 hari dari Kecamatan Bakarangan dan peserta tertua dari Banjarmasin.

"Peserta dari luar Provinsi Kalsel, dari Jakarta, Bali, Jatim, Kalteng dan Kaltim," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id.

Dalam surat keputusan panitia pelaksana kegiatan Baayun Maulid di Desa Banua Halat Kiri, tujuh kepala desa itu didaulat sebagai penasihat panitia pelaksana.

Tujuh kepala desa itu, adalah Desa Banua Halat Kiri, Desa Keramat, Desa Banua Halat Kanan, Desa Kakaran, Desa Jinggah Babaris, Desa Badaun dan Desa Banua Hanyar Hulu.

Kepala Desa Banua Halat Kiri, Farid Wajidi mengatakan hasil dana kegiatan Baayun Maulid sebelumnya dibangunkan lokasi dan Sekretariat Baayun Maulid, pembangunan toilet dan menara Masjid Al Mukarramah. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved