Pajak Sarang Walet

Panen Walet Terkesan Kucing-kucingan Antara Pemilik dan Petugas

Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Anwar Ziady, menyatakan, dari 250 lokasi sarang burung walet itu

Panen Walet Terkesan Kucing-kucingan Antara Pemilik dan Petugas
Banjarmasinpost.co.id/Ibrahim Ashabirin
Sarang burung walet 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Anwar Ziady, menyatakan, dari 250 lokasi sarang burung walet itu terbanyak di Kecamatan Banjarmasin Tengah dan Banjarmasin Barat.

Lokasi penangkaran walet itu seperti Telawang juga Kertak Baru.

Penangkaran walet didominasi di ruko lantai atas.

Saat ini tidak ada lagi investor yang investasi pembangunan rumah sarang burung walet.

Selama ini, Pemko Banjarmasin bingung cara mengetahui berapa nilai rupiah perolehan saat panen para pengusaha walet ini.

Ditetapkan Rp 500 Juta, hingga Desember Pajak Walet Kota Banjarmasin Hanya Tercapai Rp 300 Juta

Ada Lingkaran Merah di Tabung Gas Anda, Benarkah Ada Kebocoran? Pertamina Buat Pengakuan Ini

VIRAL Pakai Sepatu Nike Buatan Sendiri dengan Bahan Seadanya, Bocah Ini Raih 3 Medali Emas

Dinas peternakan pernah menggandeng juga balai karantina agar jika ada hasil panen burung walet mau dibawa keluar Banjarmasin itu ditahan dan harus minta rekomendasi dari dinas peternakan untuk penertiban surat keterangan asal barang.

“Tapi cara ini tidak efektif karena daerah sekitar seperti Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Batola, tidak menerapkan sistem karantina barang ini. Panen walet saat ini terkesan kucing-kucingan,” katanya.

Ditambahkannya, ke depan dinas peternakan mengajak agar para pengusaha walet menampung hasil panennya di kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin sebelum dijual.

“Jadi sebelum hasil panen dijual di luar, maka hasil panenya dibersihkan dulu di Dinas Peternakan. Tapi ini masih wacana,” katanya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved