BPost Cetak

Aktivis Perempuan Tak Bangga Sri Mulyani Masuk 100 Perempuan Berpengaruh

Forbes kembali merilis daftar The World’s 100 Most Powerful Women atau 100 perempuan paling berpengaruh di dunia.

Aktivis Perempuan Tak Bangga Sri Mulyani Masuk 100 Perempuan Berpengaruh
KOMPAS.com/DESY KRISTI YANTI
Mentri Keuangan , Sri Mulyani Indrawati 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Forbes kembali merilis daftar The World’s 100 Most Powerful Women atau 100 perempuan paling berpengaruh di dunia. Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani masuk di dalamnya.

Sri Mulyani Indrawati berada di peringkat ke-76. Posisinya di atas petenis Amerika Serikat Serena Williams (81) dan aktris Amerika Serikat Reese Witherspoon (90).

Forbes menyebutkan, sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani dinilai menambah pendapatan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filling dan menunjang kepatuhan pembayar pajak. Padahal realisasi pajak Indonesia saat ini baru mencapai 72 persen dari target atau kurang Rp 441,56 triliun.

“Tahun lalu, Sri Mulyani memperoleh penghargaan Menteri Terbaik yang prestisius di World Government Summit atas usaha-usahanya untuk menerapkan reformasi,” tulis Forbes.

Untuk kategori Asia Tenggara, Sri Mulyani adalah perempuan paling berpengaruh kedua setelah Ho Ching asal Singapura.

Bharatu Saiful Tewas Usai Jumatan, Satgas Tinombala Buru Kelompok Ali Kalora

Lepas Pemulangan Jenazah Anggota Brimob Polda Sulteng yang Gugur, Kapolda Doakan Arwah

Kapal Pesiar KM Lady Nathalia Mati Mesin, 5 Penumpangnya Kini Terombang-ambing di Lautan Sulsel

Dahsyatnya Kolaborasi Bawang Putih Plus Madu, Simak 7 Khasiatnya

Ho Ching adalah chief executive officer Temasek Holdings dan istri Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Ho Ching berada di peringkat ke-23.

Kanselir Jerman Angela Merkel berada di peringkat pertama. Merkel telah 14 kali masuk daftar Forbes dari 16 tahun keberadaan Forbes. Posisi kedua diisi oleh Christine Lagarde, gubernur Bank Sentral Eropa (ECB).

Sekretaris Nasional Perempuan Mahardhika Mutiara Ika mengaku sulit untuk merasa bangga terhadap pencapaian Sri Mulyani di daftar Forbes.

“Jadi sebagai Perempuan Mahardhika yang bekerja erat dengan teman-teman buruh perempuan, saya tidak bangga dengan apa yang diraih oleh Sri Mulyani sekarang,” ujar Mutiara ketika dihubungi Tribun Network, Sabtu (14/12/2019).

Sulit bangganya Mutiara merujuk pada permasalahan investasi yang tengah digadang-gadang pemerintah sebagai sesuatu yang penting di Indonesia. Sri Mulyani selaku menteri keuangan juga diyakini memiliki andil dalam mengelola iklim investasi Tanah Air.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved