Berita Banjarmasin

Beberapa Pekerjaan dan Jabatan Bakal Hilang di Era Digital, Tapi 6 Sektor Ini Tetap Bertahan

Diera digital dan online saat ini dipredisikan akan banyak bidang kerja atau usaha yang gulung tikar. Bahkan, ada sejumlah jabatan

Beberapa Pekerjaan dan Jabatan Bakal Hilang di Era Digital, Tapi 6 Sektor Ini Tetap Bertahan
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Idehamsyah Kabid Pembinaan Pelatihan Produktifitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Diera digital dan online saat ini dipredisikan akan banyak bidang kerja atau usaha yang gulung tikar. Bahkan, ada sejumlah jabatan kompetensi yang juga hilang di zaman serba online tersebut seiring perkembangan zaman.

“Iya, ada sejumlah pekerjaan dan jabatan kompetensi di era digital ini akan hilang. Ini tidak bisa dihindari karena memang pekerjaan zaman” kata Idehamsyah, Kabid Pembinaan Pelatihan Produktifitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kalsel, Minggu (15/12/19).

Di sisi lain, Idehamsyah menyatakan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kalsel juga mendata ada mininal enam sektor yang tetap bertahan di era digital seperti manufakture dan agrobisnis seperti bidang pertanian arti luas yakni perikanan, perkebunan dan peternakan.

BREAKING NEWS - Dapat Bisikan Aneh, Pria di HST Ini Cincang Mantan Istri Hingga Tewas

Pria Kesayangan Syahrini Selain Reino Barack Terkuak, Kemewahan Kalung Incess Malah Jadi Sorotan

Meski Dilakukan Mendadak, Penggeledahan di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin Nihil, Ini Penyebabnya!

“Kenyataaannya sektor pertanian di Kalsel cukup menjanjikan di Kalsel. Agrobisnis memang terkenda dampak era digital, namun tidak terlalu berarti,” katannya.

Ditambahkannya, sektor agrobisnis juga mempunyaki multi player efek dari dampak terkena kerja seperti muncul pedagang kecil hingga pedagang besar. Sektor lain yang masih menjanjikan yakni bidang kesehatan.

“Sektor kesehatan lebih ke pelayanan terhadap masyarakat akan tetap hidup di era digital sehingga tak akan tergantikan oleh apa pun di era digital ini,” katanya,

Dipaparkannya, bidang pariwisata juga di daerah juga masih menjanjikan karena saat ini mempromosikan baru di setiap kabupaten kota. Dalam bidang pariwisata akan banyak pekerjaan-pekerjaaan yang muncul yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Bidang ekonomi digital akan menjadi bisnis trend bisnis saat ini,” katanya.

Terakhir, sambung Idehamnyah, Pemprov Kalsel juga melihat keberadaaan tenaga kerja Indonesia (TKI) masih akan menjadi kebutuhan di masa-masa yang akan datang. Saat ini Pemprov Kalsel berusaha mengirim tenaga kerja yang dilengkapi dengan keahlian, bukan tenaga kerja tanpa keahlian. (Banjamasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved