Berita Banjarmasin

Dianggap Merugi, Pemko Banjarmasin Hibahkan Aset Tidak Terpakai Ini

Dianggap merugi melangsungkan pelelangan terhadap barang bekas atau tidak terpakai, Pemko Banjarmasin lebih memilih menempuh jalur hibah.

Dianggap Merugi, Pemko Banjarmasin Hibahkan Aset Tidak Terpakai Ini
Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizky Abdul Gani
Penandatanganan hibah aset tidak terpakai Pemko Banjarmasin kepada Bank Sampah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dianggap merugi melangsungkan pelelangan terhadap barang bekas atau tidak terpakai, Pemko Banjarmasin lebih memilih menempuh jalur hibah.

Adapun hibah sendiri merupakan kali pertama dilakukan Pemko Banjarmasin baru tadi yang ditujukannya kepada Bank Sampah supaya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Kepala Bagian Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Subhan Noor Yaumil tidak menepis atas keputusan yang diambil pihaknya tersebut.

Ia menjelaskan ada beberapa alasan pihaknya menempuh jalur hibah ketimbang lelang terhadap aset Pemko Banjarmasin yang tidak terpakai tersebut.

Diantaranya pertimbangan biaya. Karena tambah Subhan penghapusan aset yang tidak terpakai melalui jalur lelang membutuhkan biaya besar. Sedangkan besarnya biaya tersebut tidak sebanding dengan hasil lelah yang diperoleh.

Rahasia Pernikahan Ahok BTP & Veronica Tan Dibongkar Serta Pengorbanan Puput Nastiti Devi di 2019

Video Ciuman Beruntun Betrand Peto pada Sarwendah Viral, Istri Ruben Onsu Diperlakukan Begini

LINK Bein Sports Xtra! Live Streaming TV Online AC Milan vs Sassuolo Liga Italia Malam Ini

" Contohnya bila biaya kegiatan lelang Rp 30 juta, sedangkan hasil yang didapat hanya Rp 10 juta, ini tentu kan tidak sepadan, dan membuat kami berfikir," jelasnya.

Subhan juga menegaskan bahwa keputusan yang pihaknya ambil tersebut bukan tanpa dasar. Melainkan merujuk pada Permendagri nomor 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah.

" Sedangkan di dalam Permendagri tersebut terdapat satu poin yang memperbolehkan aset bakal dihapus melalui hibah," jelasnya.

Sedangkan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengapresiasi atas langkah yang diambil Bakeuda Kota Banjarmasin dalam mengelola aset.

Menurutnya jalur hibah sangat beralasan, dengan pertimbangan apabila lelang sangat tidak sesuai hasil dengan pengeluaran biaya lelang.

" Sehingga lebih baik dihibahkan ke Bank sampah agar diseleksi kembali, apalagi secara aturan sudah diperbolehkan, secara teknis sudah tidak ada kendala, mudah mudahan ini bisa dimanfaatkan sebaik baiknya," ungkap Ibnu. (banjarmasinpost.co.id/gha)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved