Berita Banjar

Pasca Tes Wawancara Calon Anggota Panwascam Banjar Terpilih Diketahui, Segini Gajinya

Bawaslu Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), sedang melakukan rekrutmen calon anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Banjar.

Pasca Tes Wawancara Calon Anggota Panwascam Banjar Terpilih Diketahui, Segini Gajinya
banjarmasinpost.co.id/idda royani
TES - Para pelamar serius menjalani tes tertulis calon anggota Panwascam di SMKN 1 Martapura, Jumat kemarin. Mereka juga menjalani tes wawancara secara bergelombang dan akan berakhir Selasa besok. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Saat ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), sedang melakukan rekrutmen calon anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Banjar.

Setelah menjalani tes tertulis di SMKN 1 Martapura, Jumat (13/12/2019), mereka sekarang sedang menjalani tahapan lanjutan yakni tes wawancara. Pelaksanannya dilakukan secara bertahap selama liha hari sejak Jumat kemarin pula.

Ketua Bawaslu Banjar Fajeri Tamdjidillah mengatakan tes wawancara dilaksanakan di sekretariat Bawaslu Banjar di kawasan Jalan A Yani Kilometer 38. Tepatnya di Jalan Taisir Ujung, Kelurahan Jawa, Kecamamatan Martapura.

Jika tes tertulis tuntas dilaksanakan satu hari, beda dengan tes wawancara yang menyita waktu lima hari. Ini dikarenakan wawancara memang memerlukan waktu lebih longgar karena komisioner Bawaslu Banjar perlu menggali lebih dalam tentang kapasitas, kompetensi, dan kepribadian para peserta.

Video Live Streaming Online Mola TV Arsenal vs Man City Liga Inggris Malam Ini, Mengejar Liverpool

Ratusan Calon Pembeli Antre Sepatu Brand Lokal, Dibanderol Mulai Rp 280.000 Per Pasang

Gelagat Aneh Billy Syahputra Dicium Nikita Mirzani Dibalik Sikap Mantan Hilda Vitria Itu, Mau Ini?

Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, 80 ASN Ikuti Outbound di Markas Batalyon Infanteri 623/BWU

Tes wawancara dilaksanakan dalam sembilan sesi. Tiap hari dua sesi sehingga dijadwalkan tuntas pada Selasa (17/12/2019) nanti.

"Setelah itu nanti akan langsung ketahuan nilainya dan tak lama setelahnya akan diumumkan siapa yang lulus dan terpilih sebagai anggota Panwascam," sebut Fajeri, Minggu (15/12/2019).

Jumlah pendaftar calon anggota Panwascam Banjar lumayan banyak. Mereka yang lolos seleksi administrasi dan mengikuti tes tertulis dan wawancara sebanyak 264 orang. Bawaslu membutuhkan 60 orang untuk ditempatkan di panwascam di seluruh kecamatan di Kabupaten Banjar.

"Tiap Panwascam di tiap kecamatan ada tiga orang anggota. Nanti mereka lah yang melakukan pengawasan di wilayah masing-masing," jelas Fajeri.

Ia menyebutkan masa tugas/kerja anggota panwascam selama sebelan bulan. Mereka akan memulai tugasnya sejak awal Januari 2020 dan purnatugas pada November 2020.

Berapa gaji mereka? "Ketua panwascam gajinya sebesar Rp 2,2 juta dan anggota Rp 1,9 juta," bebernya.

Fajeri mengatakan setelah rekrutmen anggota panwascam tuntas, pihaknya akan melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Kelurahan Desa (PPKD) atau yang dulu disebut Pengawas Lapangan (PL). Jumlah tenaga yang diperlukan lumayan banyak karena tiap desa satu orang PPKD.

"Jadi ada sebanyak 290 PPKD yang nanti kami rekrut. Rencananya sekitar Februari perekrutan kami laksanakan," jelasnya.

Dikatakannya, PPKD bertugas selama delapan bulan yakni sejak April hingga November 2020. "Gajinya sebesar Rp 1,1 juta sebulan. Sumber dana gaji PPKD dan anggota panwascam dari dana hibah Pemkab Banjar kepada Bawaslu Banjar," sebutnya.

Penampakan Terkini Ali Syakieb Saat Citra Kirana dan Rezky Adhitya Bulan Madu di Italia Terungkap

Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Resmi Beroperasi, Biro Travel di Kalsel Rasakan Dampak Positif

Tidak Penuhi Syarat, 269 Pelamar CPNS di Kabupaten Banjar Dicoret

Mengenai persyaratan pendidikan akademik bagi PPKD, Fajeri mengatakan minimal berijazah SMA. Ini sama dengan persyaratan calon anggota panwascam. Mereka kelak akan mengawal pilkada serentak yang puncaknya (pencoblosan) pada 23 September 2020 mendatang.

Kalangan warga Banjar berharap rekrutmen PPKD dilakukan secepatnya dan dilakukan secara ketat. "Lebih cepat kan lebih baik agar tak terburu-buru. Lebih penting dari itu yakni mencari orang-orang yang benar-benar netral," cetus Ganie, warga Martapura. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved