Berita Banjar

Tempa Kemandirian Anak Sejak Dini, Begini Cara yang Dilakukan PAUD di Martapura Ini

PAUD Terpadu Adzkia, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel)menggelar kegiatan bertajuk Market Day.

Tempa Kemandirian Anak Sejak Dini, Begini Cara yang Dilakukan PAUD di Martapura Ini
istimewa/aburrahman
ANTUSIAS - Anak didik PAUD Terpadu Adzkia antusias berbelanja pada kegiatan market day, dua hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Banyak cara yang bisa dilakukan mendidik anak-anak agar pandai mengelola uang jajan dan memiliki orientasi kemandirian. Di antaranya mengenalkan dan membiasakan mereka membelanjan uang secara tepat sesuai kebutuhan.

Hal itu yang dilakukan pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Adzkia, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Dua hari lalu mereka menggelar kegiatan bertajuk Market Day.

"Alhamdullillah anak didik kami dan wali murid sangat antusias. Kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan dan kreativitas berwirausaha yang Islami," jelas Kepala PAUD Terpadu Adzkia, Syarifah Zahra, Minggu (15/12/2019).

Ia menerangkan bentuk kegiatan yang dilaksanakan yakni transaksi jual beli yang melibatkan peserta didik, mulai yang berusia dua tahun hingga enam tahun. "Kegiatan berlangsng sejak pukul 08.30 hingga 10.30 WIta," bebernya.

Meriahnya Fun Run Indomaret 2019, 2500 Pelari Ambil Bagian

Heboh Mahasiswi UIN Alauddin Makassar Tewas Dibunuh di Kamar Kost, Pelakunya Ternyata Pacar Sendiri

Video Ciuman Bertubi Betrand Peto pada Sarwendah Viral Lagi, Istri Ruben Onsu Sampai Begini

Aktivis Perempuan Tak Bangga Sri Mulyani Masuk 100 Perempuan Berpengaruh

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasi PAUD Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar Nono Dwisantoso. Jumlah peserta sebanyak 135 murid mulai jenjang Taman Kanak-kanak (TK) dan anak didik kelompok bermain sebanyak 30 orang. Sementara itu dewan guru yang terlibat sebanyak 24 orang.

Syarifah menuturkan kegiatan tersebut perdana dilakukan di PAUD Terpadu Adzkia. "Kami akan terus melaksanakan kegiatan ini pada tahun-tahun yang akan datang mengingat tinginya animo anak didik dan wali murid," tandasnya.

Barang yang dijadikan objek transaksi jual beli, bebernya, berupa makanan basah seperti aneka kue dan minuman susu kotak. Ada juga makanan ringan ayam pokpok, aksesori, alat tulis seperti pensil, dompet, kipas, dan buah-buahan.

"Kami berterima kasih kepada Kasi PAUD Disdik Banjar Nono Dwisantoso dan pengawas serta penilik TK SD Kecamtan Martapura dan seluruh staf Disdik Banjar yang telah memberikan dukungan secara penuh," ucap Syarifah.

Sementara itu Nono menyambut positif kegiatan market day tersebut. "intinya kegiatan market day bertujuan membangun keterlibatan orangtua dalam mewujudkan program sekolah.
Mengenalkan anak didik sedini mungkin tentang wirausaha," jelasnya.

Tak kalah penting mengembangkan kecerdasan intelektual, kecerdadan emosional, dan kecerdesan spiritual. Contohnya kecerdadan intelektual, anak dapat membeli dan mengembalikan uang yang diterima sesuai nilai pembelian/belanja.

Dikatakannya, kecerdasan emosional anak diajak untuk belajar sabar dalam berusaha, menunggu pembeli. Lalu kecerdasan spiritual, anak diajak untuk jujur.membelanjakan uang sesuai harga.

Bharatu Saiful Tewas Usai Jumatan, Satgas Tinombala Buru Kelompok Ali Kalora

Kapal Pesiar KM Lady Nathalia Mati Mesin, 5 Penumpangnya Kini Terombang-ambing di Lautan Sulsel

Ledekan Citra Kirana ke Rezky Aditya Pasca Malam Bulan Madu di Italia, Eks Agnez Mo : Jorok!

"Kecerdasan spiritual sungguh sangat penting disamping kecerdasan lainnya. Saat ini banyak pejabat yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena melakukan korupsi," sbeutnya.

Secara intelektual, lanjut Nono, mereka semua adalah orang-orang pintar karena pendidikannya yang tinggi. Namun secara spiritual mereka memiliki kecerdasan spiritual nol karena tidak bisa membedakan mana yg baik dan buruk. "Keserakahan telah mengantarkan ke penjara," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved