Berita Banjar

Wisma Hunian Lapas Khusus Anak Martapura Dirazia, Petugas Temukan Barang Terlarang Ini

LPKA Kelas I Martapura rutin menggelar razia atau sidak ke kamar-kamar hunian andikpas. Terkini, kegiatan sidak dilakukan Minggu (15/12/2019)

Wisma Hunian Lapas Khusus Anak Martapura Dirazia, Petugas Temukan Barang Terlarang Ini
istimewa/robbyanoor
Hasil razia di wisma hunian LPKA Kelas I Martapura, Minggu (15_12) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pembinaan terhadap anak didik pemasyarakatan (andikpas) kian diperkuat oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura.

Selain pembinaan mental spritual dan kegiatan belajar, mereka juga menerapkan kedisiplinan yang tinggi. Termasuk pelarangan secara keras terhadap penguasaan atau kepemilikan barang-barang yang terlarang bagi andikpas.

Karena itu, LPKA Kelas I Martapura rutin menggelar razia atau sidak ke kamar-kamar hunian andikpas. Terkini, kegiatan sidak dilakukan Minggu (15/12/2019) sore pukul 16.30 Wita.

LPKA Kelas I Martapura tak sendirian dalam melaksanakan giat tersebut. Mereka melibatkan anggota TNI. Sidak langsung dipimpin Kepala LPKA Kelas I Martapura Muhamad Latif Safiudin.

Detik-detik Pacar Tikam Wanita Gendong Balita hingga Tewas, Polisi Ungkap Faktor Celana Dalam

Ingin Cepat Punya Anak, Simak 11 Cara Ini Bikin Sperma Sehat Bikin Istri Cepat Hamil

Heboh Rekening Kasino Milik Kepala Daerah, Ketua KPK Saut Situmorang Sampaikan Tanggapan Ini

Si Cantik Azura Luna Ngaku Sosialita Padahal Nyatut Rumah Orang Lalu Ngemis Minta Diangkat Anak

"Kegiatan itu kami laksanakan menindaklanjuti Slsurat edaran Direktur Jendrleral Pemasyarakatan Nomor PAS-PK.02.10.01-1442 tanggal 12 Desember 2019 tentang pencegahan dan penindakan terhadap peredaran gelap Nlnarkoba di unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan," ucap Latif melalui Kasubsi Klasifikasi merangkap Humas, Robyanoor, Senin (16/12/2019).

Dikatakannya,kegiatan itu merupakan razia/sidak gabungan Tim Satopspatnal LPKA dengan Kodim 1006/Martapura. Tim bergerak ke Wisma Hunian Suriansyah di kamar 1,2,3, dan 4 dan wisma hunian Sultan Adam di kamar 1,2,3, dan 4.

Hasil sidak, beber Robyanoor, ditemukan beberapa jenis barang yang dilarang. Rinciannya yakni korek api tiga buah, kabel enam potong, swndok empat buah, karultu domino satu kotak, sabuk satu buah.

Lalu, tali jemuran sepanjang dua meter. Paku empat batang, botol minyak wangi satu nuah, colokan satu buah, terminal dua buah, dan hmhunting kuku sebanyak dua buah.

"Barang-barang tersebut diinventarisasi untuk selanjutnya dimusnahkan," sebut Robbyanoor.

Seluruh penghuni, jelasnya,diberi arahan oleh Kepala Lapas perihal tujuan penggeledahan yang merupakan tugas rutin dan antisipasi untuk mencegah adanya barang terlarang. Dilakukan pula tanya jawab perihal pembinaan.

SIDAK - Suasana sidak di wisma hunian LPKA Kelas I Martapura, Minggu (15/12) sore.
SIDAK - Suasana sidak di wisma hunian LPKA Kelas I Martapura, Minggu (15/12) sore. (istimewa/robbyanoor)

Pelaksanaan penggeledahan/sidak berlangsung aman, tertib dan lancar. Selanjutnya hasil sidak tersebut dilaporkan ke Kalepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan.

Apakah pemilik barang terlarang tersebur bakal dikenai sanksi? "Itu pasti. Bentuknya bisa berupa penundaan usulan pembebasan bersyarat, penundaan remisi, tidak diperbolehkan ditemui pihak keluarganya atau tidak bisa dibezuk," jelasnya.

Kegemukan Syahrini Dikomentari Reino Barack, Penegasan Kabar Kehamilan Incess Diungkap

Jalan Tol Pertama di Kalimantan Bakal Diresmikan Jokowi Selasa (17/12), untuk Natal dan Tahun Baru

Wow! Harga Lobster Bisa Semahal Harley Davidson, Kok Bisa? Begini Jawabannya

Ditegaskannya, pengenaan sanksi disesuaikan tingkat kesalahan. Bahkan bisa hinggga berurusan dengan pihak kepolisi lan jika pelanggaran tergolong berat misalnya jika ada temuan obat terlarang.

Mengenai pemusnahan barang temuan/sitaan tersebut, Robbyanoor mengatakan akan dikaksanakan setelah dibikin berita acara pemusnahan.

"Biasanya pemusnahannya bisa di lapas/rutan atau di Kanwil. Tergantung perintah Kadiv Pas Kalsel," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved