Bumi Selidah

Lestarikan Budaya, Noormiliyani Buka Lomba Balap Jukung Tradisional

Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani AS buka Lomba Dayung Tradisional dalam rangkaian Bupati Cup ke 7 di Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak

Lestarikan Budaya, Noormiliyani Buka Lomba Balap Jukung Tradisional
humas batola
Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani AS buka Lomba Dayung Tradisional dalam rangkaian Bupati Cup ke 7 di Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak, Minggu (15/12/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bupati Barito Kuala Hj. Noormiliyani AS buka Lomba Dayung Tradisional dalam rangkaian Bupati Cup ke-7 di Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak, minggu, (15/12/2019).

Berhadir pula dalam acara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Gusti Ruspandi, Camat Alalak Haris Isroyani serta unsur Fokipimda dan forkopimcam lainnya.

Lomba dayung tradisional ini sekaligus dalam rangkaian memeriahkan hari jadi Kabupaten Barito Kuala yang ke 60 pada 4 Januari mendatang. Peserta berasal dari berbagai kecamatan di Batola terutama dari berbagai Desa di Kecamatan Alalak. Namun tak hanya dari Batola, diantara 52 peserta yang berpartisipasi terdapat pula yang berasal dari Banjarmasin maupun Kabupaten Banjar.

Bupati menyampaikan bahwa lomba dayung ini merupakan tradisi yang sudah berlangsung 7 kali dan patut untuk diteruskan kembali demi melestarikan budaya tradisional kita.

"Walau 2018 sempat vakum, Alhamdulillah 2019 kini bisa kita adakan kembali. Kedepannya akan kita benahi dan sempurnakan lagi agar lebih baik penyelenggaraannya ditahun mendatang, " terang Bupati.

Event semacam ini merupakan upaya Pemerintah Barito Kuala untuk memperkenalkan Kabupaten Barito Kuala kepada masyarakat luas. Dimana kedepannya dapat membuat wisata terutama wisata olahraga di Batola semakin bergeliat.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Batola Gusti Ruspandi menyampaikan bahwa olahraga balap jukung tradisional ini akan dikembangkan tidak hanya di Kecamatan Alalak namun di Kecamatan lainnya di Barito Kuala.

Perlombaan ini dimenangkan oleh tim Sama Rasa dari Kabupaten Banjar, juara kedua tim Satu Hati dari Marabahan, juara tiga tim Andesber 99 dari Beringin Kecamatan Alalak, juara ke empat tim Razat dari Kecamatan Tabunganen. Ke-empat tim pemenangan mendapatkan total 14 juta uang pembinaan dari Disporbudpar Batola. (aol)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved