Berita Banjar

Sebelum 'Bertarung,' Calon Anggota BPD Astambul Terbangkan Hewan Ini

Sebelum dilakukan proses pemilihan, lebih dulu dilakukan pelepasan burung dara oleh para calon anggota BPD setempat.

Sebelum 'Bertarung,' Calon Anggota BPD Astambul Terbangkan Hewan Ini
istimewa/MC Dinas Kominfo Banjar
DARA¬†- Para calon anggota BPD Tambangan menerbangkan burung dara sebelum pemungutan suara, Minggu (15/12/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai intens dilaksanakan.

Beberapa kecamatan di daerah ini mulai melaksanakan anggota BPD. Di antaranya di Kecamatan Martapura dan pada Minggu kemarin giliran di wilayah Kecamatan Astambul.

Masing-masing punya cara tersendiri guna memeriahkan pelaksanaan pemilihan calon 'wakil rakyat' di desa tersebut. Di Kecamatan Martapura misalnya, ada desa yang menyediakan beragam jenis doorprize.

Lain lagi di Desa Tambangan, Kecamatan Astambul. Sebelum dilakukan proses pemilihan, lebih dulu dilakukan pelepasan burung dara oleh para calon anggota BPD setempat.

Fantastis, Kiriman 36 Kilogram Sabu untuk Tahun Baru Digagalkan, Juga Ada 32 Ribu Ekstasi

Kades Ini Tega Tabrak Warganya dengan Ford Ranger hingga Tewas Terseret, Begini Kronologisnya

8 Orang Disambar Petir dan 3 Siswa Polisi yang Jalani Pendidik Tewas, Berikut Nama-namanya

Setelah Bunuh Acong, Asian Kabur & Menghilang, Jajaran Polsek Tapin Selatan Pun Dibuat Sibuk

Uniknya, di tiap burung dara tersebut dikalungi tali bernotof Sasirangan yang bertuliskan nama masing-masing calon anggota BPD. Semuanya sangat semangat menerbangkan burung tersebut disaksikan Camat Astambul Sirajuddin Ali bersama unsur muspika setempat.

"Mulai Minggu 15 Desember Kecamatan Astambul mulai melaksanakan pemilihan BPD, diawali di Desa Tambangan dan akan diikuti oleh desa-desa lainnya," jelas Camat Astambul H Sirajuddin Ali yang turut memantau pelaksanaan pemilihan BPD tersebut, Selasa (17/12/2019).

Sirajuddin berharap proses demokrasi yang dilaksanakan, berjalan lancar sehingga dapat menetapkan anggota BPD di 22 desa di kecamatan yang dipimpinnya.
Pemilihan anggota BPD Tambangan diikuti oleh 11 calon. Mereka mewakili wilayah 1 dan 2 setempat serta ada juga keterwakilan perempuan.

Sementara Pejabat Kepala Desa Tambangan, Sarno menjelaskan pihaknya sengaja mengemas pemilihan anggota BPD Tambangan dengan nuansa lokal kedaerahan.

Hal itu terlihat dari pakaian panitia pemungutan suara yang menggunakan pakaian adat lengkap dengan laungnya. Sedangkan para calon anggota BPD menggunakan pakaian sasirangan. Selain itu pernak-pernik adat Banjar juga terlihat di backdrop acara, serta taplak meja.

"Pelepasan burung yang dikalungi foto para calon anggota BPD filosofinya sebagai bentuk kebebasan memilih dan dipilih," jelasnya.

Gempa Magnitudo 5,5 di Bengkulu Bikin Warga Padang Panik, Andre Kita Bergoyang

Pencuri Hp Ini Dikejar Sampai ke Tengah Sawah, Polisi Kemudian Lakukan Tindakan Ini

Tak Lulus Seleksi Adminitrasi, 7 Pelamar CPNS Kabupaten Batola Lakukan Sanggahan di Situs SSCN

Sedangkan penyerahan kue dan panganan serta buah-buahan khas Banjar oleh para calon kepada para pemilih filosofinya, bahwa mereka siap melayani masyarakat jika terpilih nantinya.

Pelaksanaan pemungutan suara anggota BPD Desa Tambangan juga disaksikan oleh Kapolsek Astambul AKP Samsu Darsono, perwakilan Koramil serta Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Banjar, Kasi Pemerintahan Astambul H Nazarudin serta aparatur Kecamatan Astambul.

(banjarmasinpost.co.ida/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved