Berita Kaltim

Pagi Ini, Tol Pertama di Pulau Kalimantan Rute Balikpapan-Samarinda Dibuka untuk Umum

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi II, III, dan IV atau Ruas Samboja-Samarinda akan dibuka untuk umum pada Kamis (19/12/2019) pukul 06.00 WITA.

Pagi Ini, Tol Pertama di Pulau Kalimantan Rute Balikpapan-Samarinda Dibuka untuk Umum
Dokumen Jasamarga Balikpapan Samarinda
Tol Balikpapan-Samarinda 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi II, III, dan IV atau Ruas Samboja-Samarinda akan dibuka untuk umum pada Kamis (19/12/2019) pukul 06.00 WITA.

Masyarakat dapat mengakses jalan tol melalui dua gerbang tol (GT) yakni GT Samboja dan GT Palaran.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) STH Saragi mengatakan, jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

“ Jalan tol pertama di Kalimantan ini akan dibuka untuk pengguna jalan besok pagi dan masih dioperasikan tanpa tarif,” ujar Saragi.

Walaupun tanpa tarif, Saragi mengimbau pengguna jalan harus menyiapkan uang elektronik dan kecukupan saldonya sebelum memasuki GT.

Polres Kotawaringin Timur Tangkap Komplotan Pembuat Uang Palsu Bersama Printer Pencetak Upal

Hasil Liga Spanyol 2019-2020 - Barcelona Vs Real Madrid Imbang, El Clasico Jilid I Tanpa Pemenang

Kemana Yanto Basna Berlabuh Mulai Terkuak? Transfermarkt Bocorkan Kondisi Bek Timnas Indonesia Ini

“ Pengguna jalan wajib membawa uang elektronik karena walaupun dapat mengakses jalan tol tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tap uang elektronik di gerbang tol,” tambahnya.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda beroperasi dengan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak).

Untuk itu, Saragi menegaskan pentingnya penggunaan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

Uang elektronik yang digunakan pengguna jalan saat melakukan tap in di GT masuk (entrance) harus sama dengan yang digunakan saat tap out di GT keluar (exit).

"Saat di gardu masuk, pengguna jalan tol akan memperoleh data asal dan golongan kendaraan sedangkan di gardu keluar pengguna jalan akan melakukan pembayaran tol sesuai asal tujuan dan memperoleh tanda terima,” jelas Saragi.
Kebanggaan

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved