Berita Banjarmasin

Teater Langit Jingga SMAN 5 Banjarmasin Berhak Tampil di Festival Mamanda Tingkat SMA se-Kalsel 2019

Teater Langit Jingga SMAN 5 Banjarmasin Jadi Peserta Terpilih di Festival Mamanda Tingkat SMA Sederajat se Kalsel 2019

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Rendy Nicko
banjarmasin post group/ frans Rumbon
Sanggar Teater Langit Jingga dari SMAN 5 Banjarmasin, Rabu (18/12/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sanggar Teater Langit Jingga dari SMAN 5 Banjarmasin dinobatkan sebagai peserta terpilih dalam ajang Festival Mamanda tingkat SMA sederajat se Kalsel 2019 yang dilaksanakan hari ini, Rabu (18/12/2019).

Pada ajang yang dilaksanakan di Gedung Balairungsari Taman Budaya Kalsel ini, tercatat ada tiga peserta yang ambil bagian yakni dari SMAN 5 Banjarmasin, SMKN 2 Banjarbaru dan juga SMK SPP Pelaihari.

Tampil sebagai pembuka, SMAN 5 Banjarmasin membawakan cerita berjudul Harta Wan Ilmu, dengan durasi kurang lebih satu jam.

Seluruh peserta sendiri mendapatkan apresiasi dari panitia, dan mendapatkan hadiah. Dan dewan juri tidak memberlakukan sistem juara atau pemenang.

Namun dewan juri sepakat untuk menetapkan satu di antara peserta yang tampil di ajang ini dinobatkan sebagai peserta terpilih karena dianggap lebih mendekati pakem teater tradisi khas Banjar ini.

"Alhamdulillah anak-anak bisa menjadi peserta yang terpilih. Dan ini bukan berarti yang terbaik. Kita disini bukan mencari prestasi sebenarnya tapi lebih kepada ikut melestarikan kesenian tradisi Banua," ujar Dini Maulidya selaku pembina Teater Langit Jingga SMAN 5 Banjarmasin.

Dini menambahkan bahwa membawakan mamanda ini merupakan pengalaman pertama bagi siswa yang tergabung dalam Teater Langit Jingga SMAN 5 Banjarmasin.

"Memang kami ada ekskul teater, tapi sebenarnya lebih ke teater modern dan baru kali ini mementaskan mamanda. Kami pun sangat berterima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel yang sudah menggelar ajang seperti ini,sehingga siswa pun memiliki kesempatan untuk ikut tampil membawakan mamanda," jelasnya.

Tak kalah penting lanjut Dini, dukungan dari Kepala SMAN 5 Banjarmasin yakni H Mukhlis Takwin sangat memotivasi siswa untuk mengikuti ajang ini.

Selain menggelar ajang Festival Mamanda, panitia pelaksana sehari sebelumnya yakni Selasa (17/12/2019) menggelar Festival Japin Carita tingkat SMA sederajat se Kalsel.

Dan yang peserta yang terpilih untuk Japin Carita ini adalah dari SMKN 2 Banjarmasin, sedangkan peserta lainnya adalah SMKN 2 Banjarbaru, SMKN 3 Banjarmasin dan juga SMA PGRI 2 Banjarmasin.

Ketua pelaksana Festival Mamanda dan Japin Carita tingkat SMA sederajat se Kalsel 2019, Sunjaya Adhiarso mengatakan ajang ini merupakan program baru dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel.

"Baru kali ini diadakan festival, dan sebelumnya sudah dilaksanakan semacam workshop. Tujuannya untuk melestarikan kesenian tradisional dan mengasah kemampuan pelajar dalam membawakannya," tutupnya.

(banjarmasinpopst.co.id/Frans Rumbon)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved