Berita Balangan

Polres Balangan Raih Penghargaan dari Komisi Penanggulangan AIDS, Ini yang Sudah Dilakukan

Polres Balangan raih penghargaan sebagai pendukung penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Balangan.

Polres Balangan Raih Penghargaan dari Komisi Penanggulangan AIDS, Ini yang Sudah Dilakukan
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Polres Balangan yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Balangan mendapatkan penghargaan peduli penanggulangan HIV/AIDS dari Komisi Penanggulangan AIDS Pemkab Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Polres Balangan raih penghargaan sebagai pendukung penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Balangan. Penghargaan tersebut diberikan kepada Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Balangan, Iptu Bambang.

Dalam meraih penghargaan tersebut, Polres Balangan telah mengajak dan melakukan sosialisasi peduli sekaligus penanggulangan HIV/AID di lingkup Polres Balangan. Serta sosialisasi kepada masyarakat.

Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid melalui Kasubag Humas Polres Balangan, Iptu Siswanto menerangkan perihal upaya yang dilakukan oleh Polres Balangan. Di antaranya memberikan sosialisasi kepada Bhayangkari yang ada di Polres Balangan dan jajaran.

"Polres bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Balangan melakukan sosialisasi. Baik pencegahan maupun penanggulangan HIV/AIDS kepada seluruh anggota Bhayangkari maupun kepada keluarga Polri," ucap Iptu Siswanto, Minggu (22/12/2019).

Nilai Rapor Betrand Peto di Sekolah Saat Video Bareng Sarwendah Disorot, Ruben Onsu Dapati Fakta Ini

LINK Video Streaming Online Barito vs Arema FC Live Vidio.com Liga 1 2019, Ini Susunan Pemainnya

Bukti Ali Syakieb Sudah Move On dari Citra Kirana yang Nikahi Rezky Aditya? Lihat Foto Bareng Cewek

Adapun upaya pencegahan yang musti dilakukan oleh masyarakat ujar Iptu Siswanto yakni menjaga kebersihan. Selain itu penting untuk membiasakan diri berkonsultasi dengan pihak yang kompeten yakni dokter.

Tak kalah penting ujarnya agar para lelaki, yakni bapak-bapak yang telah berkeluarga atau akan berkeluarga jangan iseng di luaran. Dalam artian jajan perempuan di luaran dan tidak melakukan hubungan seks bebas agar terhindar dari penularan virus.

"Selain itu kalau mengetahui ada keluarga atau teman yang terindikasi HIV/AIDS, jangan dijauhi atau dikucilkan. Berikan mereka saran untuk rutin berobat," pesan Iptu Siswanto.

Terlebih tambahnya, tak jarang pengidap HIV/AIDS merasa malu dan takut untuk mengutarakan yang meeeka derita. Karena dianggap aib.

Ke depan, pihaknya pun berharap, Kabupaten Balangan tidak akan lagi ada penambahan warga yang terindikasi HIV/AIDS. Sementara yang sudah terkena, disarankan untuk melakukan pengobatan secara rutin. Sehingga perkembangan virus di dalam tubuh pun bisa ditekan.

Sebagaimana diketahui, merujuk data yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Karya Mega Latif, ada kurang lebih 28 warga Balangan yang terindikasi HIV/AIDS. Bahkan baru-baru ini bertambah tiga orang.

Sangat disayangkan ujar Erwan, dari jumlah warga yang terindikasi, hanya ada 11 orang yang mau berobat secara rutin. Sehingga perlu dilakukan pendekatan lagi kepada penderita lainnya agar mereka bisa hidup normal.

Selain kepada Polres Balangan, penghargaan peduli penanggulangan HIV/AIDS juga diberikan kepada beberapa lembaga dan instansi lainnya. Di antaranya Ketua KPAD Propinsi Kalsel, PT ADARO Indonesia, Kades Dahai, Kades Sungai Ketapi dan Kades Lasung Batu.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved